Pengaruh Quantum Teaching Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma di SMP 2 Selomerto


Ferry Nurhayati, 4101408069 (2012) Pengaruh Quantum Teaching Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma di SMP 2 Selomerto. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Quantum Teaching Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma di SMP 2 Selomerto] Microsoft Word (Pengaruh Quantum Teaching Berbantuan Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Prisma di SMP 2 Selomerto) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

Pembelajaran matematika di SMP pada umumnya kurang menarik bagi siswa. Hal ini dikarenakan penggunaan sistem pembelajaran yang digunakan kurang tepat sehingga menyebabkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Quantum Teaching berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar siswa pada materi bangun ruang sisi datar prisma, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Quantum Teaching berbantuan kartu soal dapat mencapai ketuntasan belajar, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan Quantum Teaching berbantuan kartu soal lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP 2 Selomerto tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh hasil siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIE sebagai kelas kontrol. Pengambilan data diperoleh dengan metode tes yang kemudian dianalisis dengan uji regresi linier sederhana, uji t, uji proporsi, dan uji perbedaan dua rata-rata untuk menguji hipotesis penelitiannya. Berdasarkan hasil analisis regresi diperoleh persamaan regresi linier sederhana yaitu dengan koefisien determinasi 10,5%. Hal ini menunjukkan adanya pengaruh positif pembelajaran Quantum Teaching berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar siswa. Hasil uji ketuntasan belajar individual dengan uji t diperoleh thitung = 5,60411 dan uji ketuntasan belajar klasikal dengan uji proporsi diperoleh zhitung = 0,98. Hal ini menunjukkan bahwa siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan hitungan uji perbedaan dua rata-rata, diperoleh rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen adalah 83,72 dan kelas kontrol adalah 78,52. Artinya rata-rata hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada rata-rata hasil belajar kelas kontrol pada materi bangun ruang sisi datar prisma kelas VIII SMP. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah ada pengaruh Quantum Teaching berbantuan kartu soal terhadap hasil belajar siswa, hasil belajar siswa dengan menggunakan Quantum Teaching berbantuan kartu soal dapat mencapai ketuntasan belajar, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan Quantum Teaching berbantuan kartu soal lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Saran dari peneliti adalah penggunaan alat bantu serta sistem pembelajaran sebaiknya lebih sering digunakan untuk lebih meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajarn Quantum Teaching, Kartu Soal, Hasil Belajar, Prisma
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 31 Aug 2012 07:52
Last Modified: 31 Aug 2012 07:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14702

Actions (login required)

View Item View Item