Pengaruh Aktivitas dan Minat Model Learning Cycle 5E Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah


Krisna Dwi Septiani, 4101408024 (2012) Pengaruh Aktivitas dan Minat Model Learning Cycle 5E Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Aktivitas dan Minat Model Learning Cycle 5E Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah] Microsoft Word (Pengaruh Aktivitas dan Minat Model Learning Cycle 5E Pendekatan Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam menyikapi rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VII MTS Miftahul ulum Margasari adalah melalui model Learning Cycle 5E dengan pendekatan Open Ended yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir, menjawab dan membantu satu sama lain, sehingga keaktivan siswa dapat dikembangkan dan akhirnya kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh dapat berkembang secara efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi segitiga dengan menerapkan model Learning Cycle 5E dengan pendekatan Open Ended mencapai KKM, untuk mengetahui bahwa aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dari siswa kelas kontrol, untuk mengetahui bahwa minat siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, serta untuk mengetahui pengaruh aktivitas belajar dan minat siswa secara bersama terhadap kemampuan pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII MTS Miftahul ulum Margasari tahun pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan terpilih siswa kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi dan angket. Untuk menguji hipotesis ketuntasan belajar digunakan uji proporsi satu pihak yaitu uji pihak kanan, untuk menguji hipotesis aktivitas belajar dan minat siswa kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol digunakan uji t satu pihak yaitu pihak kanan, dan untuk menguji pengaruh aktivitas dan minat terhadap kemampuan pemecahan masalah digunakan regresi ganda. Dari hasil uji proporsi diperoleh bahwa siswa kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Berdasarkan uji t pihak kanan diperoleh rata-rata aktivitas belajar kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol dan rata-rata minat siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Terdapat pengaruh signifikan antara aktivitas belajar dan minat siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yakni variasi kemampuan pemecahan masalah siswa 74, 62% dipengaruhi oleh nilai aktivitas belajar dan minat siswa secara bersama-sama.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, aktivitas belajar, minat siswa, Learning Cycle 5E, Open Ended, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 30 Aug 2012 22:15
Last Modified: 30 Aug 2012 22:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14694

Actions (login required)

View Item View Item