Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ambarawa).


Aris Fajar.Yulianto, , 3101408028 (2012) Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ambarawa). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ambarawa). ] Microsoft Word (Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (Studi Kasus di SMP Negeri 1 Ambarawa). ) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Pembentukan karakter peserta didik sejak tahun 2010 sudah mulai diintegrasikan dalam semua mata pelajaran. Namun, pembentukan karakter tersebut dalam pembelajaran belum berjalan maksimal dan masih mengalami banyak kendala. Guru kurang siap dalam menanamkan nilai-nilai pada peserta didiknya. Permasalahan penelitian ini adalah (1) bagaimana pengembangan perencanaan pembelajaran IPS dalam memasukkan pembentukan karakter peserta didik di SMP Negeri 1 Ambarawa, (2) bagaimana pembentukan karakter melalui pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Ambarawa, (3) kendala dalam pembentukan karakter melalui pembelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian adalah SMP Negeri 1 Ambarawa. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru IPS, dan beberapa peserta didik SMP Negeri 1 Ambarawa. Teknik pengumpulan data menggunakan (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis model interaktif. Hasil penelitian menunjukkkan bahwa (1) guru-guru di SMP Negeri 1 Ambarawa dalam perencanaan pembelajaran seperti membuat silabus mengadopsi dari Kemendikbud yang selanjutnya model silabus tersebut disesuaikan dengan kondisi sekolah, (2) guru mengintegrasikan nilai karakter mata pelajaran IPS dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran. Melalui pembelajaran, pembentukan karakter juga dilakukan melalui pembiasaan di lingkungan sekolah dan ekstrakulikuler, dan (3) kendala dalam pelaksanaan pembentukan karakter yaitu guru belum memiliki kompetensi yang memadai untuk mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada mata pelajaran IPS. Program sudah dijalankan, sementara pelatihan masih sangat minim, selain itu sedikitnya alokasi waktu menjadi alasan guru-guru dalam pelaksanaan pembentukan karakter melalui pembelajaran IPS. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, peneliti mengajukan saran sebagai berikut (1) guru harus mempersiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebelum mengajar di depan kelas sehingga guru lebih siap dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran, (2) menggunakan metode pembelajaran yang seharusnya mampu menyampaikan materi pembelajaran IPS sehingga dengan penggunakan metode tersebut nilai-nilai karakter dapat terbentuk pada diri siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Peserta Didik, IPS
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 06:10
Last Modified: 29 Aug 2012 06:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14643

Actions (login required)

View Item View Item