PENGARUH PERMAINAN KARTU ARUS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN PADA SISWA SD N IV RANDUREJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010
Reza Gema Hartami , 6450406025 (2011) PENGARUH PERMAINAN KARTU ARUS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN PADA SISWA SD N IV RANDUREJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PERMAINAN KARTU ARUS TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG KESEHATAN LINGKUNGAN PADA SISWA SD N IV RANDUREJO KABUPATEN GROBOGAN TAHUN 2010)
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan Kesehatan Lingkungan di Indonesia perlu diatasi, menurut Dinas Kesehatan data PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) di tingkat provinsi Jawa Tengah adalah sebagai berikut: tingkat pratama 6,77%, tingkat Madya31,52, tingkat Utama 53,02 %, dan tingkat Paripurna sebesar 4,50 %.( Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah,2008). Kesehatan lingkungan adalah salah satu UNSUR dari PHBS.Untuk lebih meningkatkan Pengetahuan dan sikap Kesehatan Lingkungan di sekolah perlu ada upaya berupa penyuluhan Kesehatan Lingkungan pada siswa dengan menggunakan media Kartu Arus. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Apakah permainan kartu arus berpengaruh terhadap pengetahuan dan sikap tentang kesehatan lingkungan pada siswa SD N IV Randurejo Kabupaten Grobogan tahun 2010? Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimental dengan rancangan penelitian Non randomized Pretest-Posttest with Control Group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SD N IV Randurejo 138 siswa. Sampel yang diambil sejumlah 60 dengan mengacu pada teori rule of thumb, sampel minimal 30 subyek penelitian pada tiap kelompok penelitian. Pengumpulan data dengan cara metode tes yaitu pretest dan posttest. Hasil penelian menunjukkan bahwa media Kartu Arus berpengaruh terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap siswa, pada kelompok eksperimen nilai p (0,000)<0,05 untuk pengetahuan dan p (0,000) < 0,05 untuk sikap. Berbeda dengan hasil uji-t berpasangan pada kelompok kontrol, dimana tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara pengetahuan dan sikap tentang kesehatan lingkungan siswa SD N IV Randurejo pretest dan posttest, karena nilai p (0,08) > 0,05 untuk pengetahuan dan p(0,220) > 0,05 untuk sikap. Media Kartu Arus berpengaruh dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang Kesehatan Lingkungan pada Siswa SD N IV Randurejo (nilai p untuk pengetahuan (0,000) < 0,05 dan p untuk sikap (0,008)<0,05). Analisis hasil penelitian ini menggunakan T-Test. Berdasarkan hasil penelitian saran yang diajukan bagi pihak sekolah agar hasil penelitian ini bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk membuat kebijakan,materi Kesehatan Lingkungan dimasukkan ke dalam mata pelajaran. Bagi Dinas Kesehatan dapat membuat kebijakan tentang Media Kartu Arus dapat digunakan sebagai metode penyampaian materi seputar Kesehatan Lingkungan. -------------------------------------------------------> Issues on environmental health in Indonesia need to be solved, according to the PHBS departenent in province level, central java, are is fellows: first level 6,77%, intermediate level 31,52%, superior level 53,02%, and plenary level 4,50%.(Health Department Central Java Province). Environmental health is one of the PHBS element. To increase knowledge and attitude about Enviromental Health in school needs a struggle suck as counseling Enviromental Health to the students using flow card. Problem of this research is doesthe flow card game influence the knowledge and attitudes about Envirumental Health in IV Randurejo State Elementary School’s Students Grobogan District Year 2010? Type of the research is quasi eksperimental equiped with non randomized pretest posttest with control grup desieg. Population of the research is all the studends of IV c, total 138 studends. The taken sample is 60 wihich revers to the rule of thumb teory, minimum sample is 30 research subjects from eachriceart group. Collecting data procedureis pretestb and posttest metod. The research resoult shows that the follow card.media influences students knoledge attitude, fur the eksperimen group, p value (0,000) < 0,05 for knowledge and p (0,000)<0,05 for attitude. Differ from the T-test result of control group, where no significant differences between pretes and posttest knowledge and attitude about enviromental health of IV Randurejo State Elementary School’s students, because te p value (0,08) > 0,05 for knowledge and p (0,2200) > 0,05 forattitude. Flow card media influences the knowledge and attitude about Enviromental Health in IV Randurejo State Elemementari School’s students p ( value (0,000) <0,05 for knowledge and p for attitude (0,008) < 0,005). This research result analysis uses T-Test method. Based on the research result, thus the suggested advice for the school management is to take this result into account in arranging the policy, and material about enviromental Health should be included in the lesson. For the Health Departemen is to compile a policy about flow card media in delivering the material on Enviromental Health.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengaruh, media Kartu Arus, Pengetahuan dan Sikap tentang Kesehatan Lingkungan. Effect, Flow Card Media, Knowledge and Attitude towards Environmental Health |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Kesehatan Masyarakat, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 14 Apr 2011 02:50 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 04:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1463 |
Actions (login required)
View Item |