Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan Kesenian Opera Cina Di Pecinan Kota Semarang


Kiky Mega Virgiana,, 2503406028 (2012) Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan Kesenian Opera Cina Di Pecinan Kota Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan Kesenian Opera Cina Di Pecinan Kota Semarang] Microsoft Word (Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan Kesenian Opera Cina Di Pecinan Kota Semarang) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Perkembangan budaya Cina di tanah air beberapa tahun terakhir dapat dikatakan cukup pesat. Seiring dengan kebebasan tersebut salah satu contoh sekarang yang sangat nyata dalam kehidupan kita adalah dengan banyaknya pertunjukan seni dan kebudayaan yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Keberadaan kesenian opera Cina di daerah pecinan Semarang untuk beberapa tahun terakhir ini mulai dapat diterima oleh masyarakat sekitar. Bahkan tidak jarang masyarakat di daerah Semarang ikut meramaikan pertunjukkan ini. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Bagaimana bentuk pertunjukkan kesenian opera cina dan apa fungsi pertunjukkan kesenian opera cina yang ada di Pecinan Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan mendeskripsikan pertunjukkan kesenian opera cina dan mendeskripsikan fungsi pertunjukkan kesenian opera cina yang ada di Pecinan Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bentuk dan fungsi kesenian opera cina yang akan diamati. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain studi pustaka, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data kualitatif terdiri dari alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, (3) penarikan kesimpulan. Secara umum pertunjukan opera cina yang dipentaskan di daerah pecinan semarang tidak memiliki satu bentuk saja. Hasil penelitian menggambarkan setidaknya terdapat empat bentuk opera yang sering dimainkan di daerah pecinan semarang yaitu opera beijing, opera wayang, hebei bangzi dan opera puxian. Fungsi opera cina saat ini sebagai bentuk pelestarian budaya , ritual atau ibadah, sosial dan sebagai hiburan masyarakat. Selain itu opera cina diharapkan akan meningkatkan persatuan masyarakat asli tionghoa yang kebanyakan merantau di negara orang. Saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian antara lain pengakuan pemerintah dan keterbukaan masyarakat terhadap budaya cina hendaknya dapat disikapi oleh masyarakat di daerah pecinan untuk lebih terbuka dengan masyarakat di luar tionghoa dengan berbaur dengan masyarakat diluar tionghoa. Pementasan bentuk opera cina hendaknya juga dapat disesuaikan dengan kondisi budaya masyarakat setempat. Untuk dapat menarik perhatian penonton pertunjukkan juga harus menggunakan bahasa yang dapat dimengerti oleh penonton.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bentuk Dan Fungsi Pertunjukan Kesenian Opera
Subjects: N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 02:13
Last Modified: 29 Aug 2012 02:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14619

Actions (login required)

View Item View Item