Perancangan Poster Promosi Laboratorium Komputer


Eka Normalitasari , 2451307030 (2012) Perancangan Poster Promosi Laboratorium Komputer. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Perancangan Poster Promosi Laboratorium Komputer ] Microsoft Word (Perancangan Poster Promosi Laboratorium Komputer ) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Poster promosi sehubungan dengan penyampaian informasi tentang Laboratorium Komputer Jurusan Seni Rupa Universitas Negeri Semarang. Penulis ingin menerapkan ilmu yang pernah diperoleh pada masa perkuliahan diantaranya Nirmana, Komputer Grafis, Desain Poster Kemasan dan Desain Iklan Perwajahan dengan mencoba menawarkan salah satu media penyampaian informasi dan promosi dalam bentuk poster. Poster merupakan bagian dari desain komunikasi visual berisi informasi yang singkat dan jelas yang biasanya ditempel di dinding atau papan informasi. Perancangan ini menggunakan poster sebagai media untuk mendukung kegiatan promosi dari Laboratorium Komputer Jurusan Seni Rupa UNNES. Proses berkarya dimulai dari penentuan konsep dengan mempertimbangkan konsep yang diinginkan pihak jurusan, dan mempertimbangkan segmentasi pasar yang dituju. Materi untuk poster didapatkan dari berbagi sumber. Di antaranya memotret langsung objek yang berkaitan serta mencari informasi baik secara tertulis maupun secara lisan. Konsep perancangan poster selain dari gagasan klien dan desainer juga didasarkan pada angket yang disebar pada lulusan SMA/SMK. Semua materi tersebut kemudian diolah dengan menggunakan program Adobe Photoshop untuk dijadikan sebuah desain media promosi. Selain itu proses penggarapan karya ini juga menggunakan software Corel Draw untuk membuat gambar vector dan ornamen yang mempercantik karya ini. Hasil karya desain media promosi ini dituangkan dalam bentuk poster yang berjumlah empat belas dengan ukuran 29,7 x 42 cm (A3). Menggunakan huruf berkait dan tidak berkait pada headline poster khususnya, dengan komposisi asimetris dan dominasi warna primer dan akromatis. Selain itu, karya-karya yang ditampilkan memuat informasi tentang laboratorium komputer, fasilitas, contoh karya mahasiswa, foto ruangan dan tentunya slogan promosi untuk laboratorium komputer itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk menegaskan pesan pada karya ini. Dari hal tersebut dihasilkan empat belas poster berseri untuk menghasilkan gambar dengan visual yang mampu menarik perhatian. Karya ini, diharapkan memberi kontribusi lebih di bidang promosi untuk Laboratium Komputer khususnya Jurusan Seni Rupa UNNES. Dalam prosesnya, penulis dapat mengembangkan ide dan kreatifitas serta dapat menerapkan disiplin ilmu sesuai bidang studi yang dipelajari. Kepada pihak jurusan disarankan untuk menindak lanjuti hasil desain poster yang telah dibuat dengan mencetak dalam jumlah yang diperlukan dengan mesin cetak offset sehingga dapat disebarkan kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Poster
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Desain Komunikasi Visual, D3
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 02:02
Last Modified: 29 Aug 2012 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item View Item