Bangunan dan Lingkungan sebagai Subyek Karya Seni Lukis Cat Air.


Bayu Teguh.Atmoko, , 2401405013 (2012) Bangunan dan Lingkungan sebagai Subyek Karya Seni Lukis Cat Air. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Bangunan dan Lingkungan sebagai Subyek Karya Seni Lukis Cat Air. ] Microsoft Word (Bangunan dan Lingkungan sebagai Subyek Karya Seni Lukis Cat Air. ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Bangunan kuno yang menjadi Cagar Budaya merupakan peninggalan sejarah dan kepurbakalaan yang wajib dilindungi dan dilestarikan, karena merupakan salah satu kekayaan warisan budaya. Sebagai kota kecil, kota Kudus mempunyai banyak peninggalan yang menjadi Benda Cagar Budaya. Keanekaragaman Bangunan Cagar Budaya yang ada di Kudus ini menambah adanya daya tarik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Proyek studi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam bidang seni lukis cat air dan menyajikan subject matter bangunan dan lingkungan daerah Kudus. Media yang digunakan penulis dalam proyek studi ini menggunakan cat air di atas kertas. Sedangkan teknik yang penulis gunakan dalam proyek studi adalah teknik campuran yaitu paduan antara wet on wet dan wet on dry. Penerapan kedua teknik oleh penulis menginginkan goresan yang ekspresif sehingga lukisan dapat menampilkan warna yang segar. Tahapan-tahapan dalam pembuatan proyek studi ini yaitu pengamatan terhadap karya lukis cat air dan subjek karya, studi pustaka, pembuatan sket, proses melukis, finishing, konsultasi dan pengemasan. Karya seni lukis yang dibuat merupakan karya seni lukis dengan pendekatan realistis, dan sesuai dengan kaidah perspektif terutama untuk menghadirkan ilusi volume, bentuk dan kedalaman ruang, subyek lukisan berupa bangunan dan lingkungan di sekitarnya. Warna yang tersaji secara keseluruhan adalah warna-warna cerah yang dipadukan secara harmonis. Secara keseluruhan dari kelima belas karya lukis ini mengambil tema bangunan bersejarah yang ada di kota Kudus. Karya seni dibuat untuk dinikmati seseorang, penulis akan merasa puas apabila orang yang melihat merasa tersentuh dan tergugah dengan pemilihan/ subject matter yang ditampilkan dalam lukisan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bangunan, media, teknik, karya seni lukis
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:53
Last Modified: 29 Aug 2012 00:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14604

Actions (login required)

View Item View Item