Naskah Qiro'ah pada Buku Al Arobiyyah Li Al Nasyi'in Jilid 3 (Studi Analisis Sintaksis Isim Manshub).


Rodzi.Kurniawan, , 2303408032 (2012) Naskah Qiro'ah pada Buku Al Arobiyyah Li Al Nasyi'in Jilid 3 (Studi Analisis Sintaksis Isim Manshub). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Naskah Qiro'ah pada Buku Al Arobiyyah Li Al Nasyi'in Jilid 3 (Studi Analisis Sintaksis Isim Manshub). ] Microsoft Word (Naskah Qiro'ah pada Buku Al Arobiyyah Li Al Nasyi'in Jilid 3 (Studi Analisis Sintaksis Isim Manshub). ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan model dan analisis isim manshub dalam buku Al Arabiah Li Al Nasyi'in jilid 3, sehingga pembelajar bahasa Arab dapat memahami secara menyeluruh tentang isim manshub dalam buku tersebut. Karena isim manshub merupakan isim yang paling banyak jenis dan kaidahnya dari pada isim yang lainnya. Dalam penelitian ini akan dipaparkan model isim manshub yang terdapat pada buku Al Arobiyyah Li Al Nasyi'in jilid 3 karya Dr. Mahmud Ismail Shini, Nasif Musthofa Abdul Aziz dan Mukhtar Thohir Husain. Dalam kaidah ilmu Nahwu, isim manshub ada lima belas yaitu maf'ul bih, mashdar, zhorof zaman, zhorof makan, hal, tamyiz, mustatsna, isim laa, munada, khobar kana, isim inna, dua maf'ul zhonna, maf'ul min ajlih, maf'ul ma'ah dan tabi' yang dibaca nashob, yaitu ada empat macam: na'at, athof, taukid dan badal. Akan tetapi studi tentang isim manshub masih sangat sedikit dijumpai pada Program Studi Bahasa Arab Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Oleh sebab itu, diperlukan suatu paparan dan analisis tentang isim manshub. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian pustaka (library research). Data dalam penelitian ini adalah isim manshub. Sumber data berasal dari buku Al Arobiyyah Li Al Nasyi'in jilid 3. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa model isim manshub yang muncul dalam buku Al Arobiyyah Li Al Nasyi'in jilid 3 adalah 147 maf'ul bih, 17 zhorof makan, 14 zhorof zaman, 10 maf'ul muthlaq, 4 maf'ul min ajlih, 17 hal, 3 tamyiz, 2 munada, 15 khobar kana, 27 isim inna, 41 na'at, 24 athof, dan 6 badal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Isim manshub
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:47
Last Modified: 29 Aug 2012 00:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14600

Actions (login required)

View Item View Item