Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Berbahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Asy’ariyyah Tajungsari


Karina Oktaviani, , 2303408027 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Berbahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Asy’ariyyah Tajungsari. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Berbahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Asy’ariyyah Tajungsari] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT) Pada Keterampilan Membaca Pemahaman Berbahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Asy’ariyyah Tajungsari) - Published Version
Download (11kB)

Abstract

Membaca merupakan bagian dari keterampilan berbahasa. Monotonnya sebuah pembelajaran pada keterampilan membaca membuat siswa kurang tertarik pada pembelajaran membaca sehingga siswa malas untuk membaca. Padahal membaca merupakan hal yang sangat penting karena presentase transfer ilmu pengetahuan terbanyak melalui membaca. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Model pembelajaran ini melibatkan siswa kedalam kelompok masing-masing, dimana setiap kelompok akan bertanding satu sama lain sesuai dengan tingkat kemampuan masing-masing siswa. Oleh karena itu, penulis memilih model pembelajaran kooperatif tipe TGT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran TGT dalam keterampilan membaca pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian yang membandingkan antara siswa yang diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan siswa yang tidak diberi perlakuan. Subjek penelitian pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Asy’ariyyah Tajungsari Tlogowungu Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes. Metode tes digunakan untuk mendapatkan data keterampilan membaca pemahaman sebelum dan sesudah siswa diberi perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe TGT dan siswa yang tidak diberi perlakuan.. Analisis hasil test menunjukkan bahwa kelas eksperimen pada saat pretest memperoleh nilai rata-rata 73,7 pada keseluruhan aspek. Sedangkan kelas kontrol pada saat pretest memperoleh nilai 70,45. Sesudah diberi perlakuan kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 84,75 sedangkan kelas kontrol yang tidak diberi perlakuan memperoleh rata-rata 72,55. Setelah dihitung dengan rumus ttest kelas eksperimen mempunyai thitung lebih besar dari ttabel yaitu thitung = 11,49 > ttabel = 2,02. Sehingga berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TGT efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penerapan, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Game Tournament (TGT)
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:44
Last Modified: 29 Aug 2012 00:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14599

Actions (login required)

View Item View Item