Analisis Wacana Van Dijk Pada Lirik Lagu Irgaa tani (My Heart Will Go On)


Ahmad Fachruddien Imam,, 2303408014 (2012) Analisis Wacana Van Dijk Pada Lirik Lagu Irgaa tani (My Heart Will Go On). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of . Analisis Wacana Van Dijk Pada Lirik Lagu Irgaa tani (My Heart Will Go On) ] Microsoft Word (. Analisis Wacana Van Dijk Pada Lirik Lagu Irgaa tani (My Heart Will Go On) ) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Lagu merupakan salah satu media yang dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran bahasa Arab, diantaranya sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi, objek kajian gaya bahasa, dan analisis wacana. Namun memahami arti dari lagu Arab itu sendiri merupakan hal yang tidak mudah, apalagi untuk mayarakat non Arab. Hal itu disebabkan karena lirik lagu Arab memiliki gaya bahasa yang khas dengan struktur yang rumit. Dari hal tersebut diperlukan kajian dan paparan mengenai analisis wacana lirik lagu. Dalam penelitian ini akan dipaparkan analisis wacana lirik lagu Irgaa tani dilihat dari sudut pandang analisis wacana Van Dijk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan struktur yang tedapat dalam lirik lagu Irgaa tani sehingga masyarakat khususnya penikmat lagu dan pembelajar bahasa Arab dapat mengetahui, memahami dan menikmati tentang maksud yang terkandung dalam lirik lagu tersebut serta aspek-aspek kebahasaan di dalamnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis wacana dan jenis pendekatan kualitatif yang digunakan adalah studi dokumen/ teks (document studies). Data dalam penelitian ini adalah kalimat-kalimat dalam lirik lagu Irgaa tani. Instrumen yang dipergunakan dalam penelitian ini berupa kartu data. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi. Dan teknik analisis data mempergunakan rancangan analisis wacana khususnya analisis wacana Van Dijk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa struktur yang terdapat dalam lirik lagu Irgaa tani adalah; Struktur makro yang memuat unsur tematik menunjukkan bahwa lagu ini bertemakan tentang kisah cinta pengarang lagu kepada seseorang yang dipisahkan oleh jarak. Superstruktur yang memuat unsur skematik menunjukkan adanya judul/ lead serta story dari lirik lagu. Struktur mikro memuat unsur semantik, sintaksis, stilistik dan retoris. Unsur semantik lirik lagu tersebut menunjukkan adanya latar, detil serta maksud dari lirik lagu tersebut. Unsur sintaksis lirik lagu tersebut memuat pola kalimat, koherensi dan kata ganti. Unsur stilistik menunjukkan adanya leksikon lirik lagu tersebut. Sedangkan unsur retoris lirik lagu tersebut menunjukkan adanya grafis dan metafora yang mendukung keindahan lagu. Penelitian ini juga membandingkan lirik lagu Irgaa tani dengan lagu aslinya yaitu My heart will go on, dan hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu Irgaa tani bukan terjemahan langsung dari lagu tersebut, tetapi terdapat pula unsur budaya yang mempengaruhi lirik lagu Irgaa tani tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Wacana Van Dijk, Lirik Lagu, Irgaa tani, My Heart Will Go On
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:40
Last Modified: 29 Aug 2012 00:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14597

Actions (login required)

View Item View Item