Korelasi Antara Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai) dengan Kemampuan Menerjemahkan (Honyaku).


Azimatunikmah.Rizkyana, , 2302408004 (2012) Korelasi Antara Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai) dengan Kemampuan Menerjemahkan (Honyaku). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Korelasi Antara Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai) dengan Kemampuan Menerjemahkan (Honyaku). ] Microsoft Word (Korelasi Antara Kemampuan Membaca Pemahaman (Dokkai) dengan Kemampuan Menerjemahkan (Honyaku). ) - Published Version
Download (13kB)

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa terdapat empat kemampuan berbahasa yaitu mendengar, berbicara, membaca dan menulis. Bagi pembelajar bahasa Jepang, kemampuan menerjemahkan juga merupakan kemampuan penting karena berkaitan dengan kesempatan dalam memperoleh pekerjaan bagi mahasiswa yang berminat menjadi seorang penerjemah. Menerjemahkan tulisan harus melalui proses membaca terlebih dahulu. Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan oleh pembaca untuk memperoleh pesan serta memahami arti dan makna yang terkandung dalam tulisan. Seseorang yang memiliki kemampuan membaca pemahaman yang baik, akan lebih mudah memahami informasi yang disampaikan dalam tulisan tersebut. Oleh karena pesan merupakan hal utama dalam penerjemahan diperkirakan terdapat korelasi antara kemampuan membaca pemahaman dengan kemampuan menerjemahkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat korelasi antara kemampuan dokkai dengan kemampuan honyaku mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi yang memaparkan hubungan antara kemampuan dokkai dengan kemampuan honyaku. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang semester VI tahun ajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik quota random sampling. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan metode tes. Metode tes digunakan untuk mengambil data berupa kemampuan dokkai dan kemampuan honyaku. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas instrumen penelitian menggunakan program anatesV4 untuk tes dokkai dan rumus alpha untuk tes honyaku. Data yang diperoleh dianalisa dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa hasil perhitungan dengan menggunakan rumus Korelasi Product Moment adalah 0,629 yang lebih besar dari pada nilai r kritik Product Moment yaitu 0,388 pada taraf kepercayaan 95%. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi antara kemampuan membaca pemahaman (dokkai) dengan kemampuan menerjemahkan (honyaku).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Korelasi, Membaca Pemahaman, Menerjemahkan
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 07:20
Last Modified: 29 Aug 2012 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14586

Actions (login required)

View Item View Item