Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Penguasaan Kanji.


Dwi Setiyanira.Cahyaningtias, , 2302408027 (2009) Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Penguasaan Kanji. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Penguasaan Kanji.] Microsoft Word (Efektifitas Model Pembelajaran Tutor Sebaya dalam Meningkatkan Penguasaan Kanji.) - Published Version
Download (14kB)

Abstract

Dalam bahasa Jepang terdapat lima huruf yang digunakan yaitu huruf hiragana, katakana, kanji, romaji dan Arab. Dari kelima huruf tersebut kanji merupakan huruf yang membutuhkan cara khusus untuk menguasainya sehingga bagi pembelajar bahasa Jepang huruf ini dianggap sulit. Banyak mahasiswa yang masih kesulitan dalam menghafal kanji, hal ini dapat dilihat dari nilai ujian kanji yang kurang memuaskan.Untuk itu perlu dicari solusi yang diperkirakan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dalam mata kuliah kanji. Model pembelajaran tutor sebaya diperkirakan dapat meningkatkan prestasi mahasiswa dalam mata kuliah kanji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran tutor sebaya efektif dalam meningkatkan penguasaan penguasaan kanji mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi yang membandingkan prestasi belajar kanji antara yang diajar oleh dosen dengan prestasi kanji yang diajar oleh tutor sebaya. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang Jurusan Bahasa dan Sastra Asing Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Semarang. Sampel diambil dengan teknik quota random sampling, kelas rombel 1 terpilih sebagai sampel. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode dokumentasi dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk memperoleh daftar nama mahasiswa semester II Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang. Metode tes digunakan untuk memperoleh data mengenai nilai mahasiswa dalam mata kuliah kanji. Penelitian ini menggunakan validitas isi dan untuk menghitung reliabilitas tes digunakan rumus KR-20. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan rumus T-test. Analisa hasil tes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata kelas kontrol dan dari hasil perhitungan menggunkan rumus T-test diperoleh (1,183) yang lebih besar dari (1,68). Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran dengan tutor sebaya efektif dalam meningkatkan penguasaan kanji mahasiswa semester II.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Tutor sebaya, Kanji
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 29 Aug 2012 00:12
Last Modified: 29 Aug 2012 00:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14583

Actions (login required)

View Item View Item