Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 01 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Diskusi Dalam Kelompok-Kelompok Kecil


Dimar R, 4101905023 (2006) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 01 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Diskusi Dalam Kelompok-Kelompok Kecil. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 01 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Diskusi Dalam Kelompok-Kelompok Kecil]
Preview
PDF (Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII F SMP Negeri 01 Ketanggungan Brebes pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Melalui Diskusi Dalam Kelompok-Kelompok Kecil) - Published Version
Download (359kB) | Preview

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) telah dilaksanakan mulai tanggal 16 s/d 27 Desember 2005, melalui tiga siklus yaitu siklus I tanggal 16 dan 17 Desember 2005, siklus II tanggal 20 dan 23 Desember 2005 dan siklus III tanggal 24 dan 27 Desember 2005. PTK dengan judul ”Upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 01 Ketanggungan Brebes pada pokok bahasan Teorema Pythagoras melalui diskusi dalam kelompok-kelompok kecil” dilaksanakan dengan lokasi di SMP Negeri 01 Ketanggungan yang subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 01 Ketanggungan tahun pelajaran 2005/2006 dengan jumlah siswa seluruhnya 40 orang. Guru akan melakukan sesuatu untuk memperbaiki kekeliruan atau kesalahan siswa dalam rumus Teorema Pythagoras, artinya siswa hanya berpedoman a2= b2+ c2 tanpa memperhatikan mana sisi miringnya dan mana sisisisi siku-sikunya. Jadi dalam PTK, apa yang akan dilakukan guru peneliti membuat perencanaan sendiri, melaksanakannya sendiri, mengamatinya sendiri dengan partisipasi teman sejawat (prinsip kolaboratif), direfleksi sendiri dan disimpulkan sendiri tingkat keberhasilannya. Guru membuat tolak ukur keberhasilannya sendiri. Tes yang dibuat guru adalah LKS dan Tes formatif yang divaliditasi oleh dosen pembimbing. Dari siklus I, siklus II dan siklus III bahwa untuk bobot B (baik) berturutturut 6,7% menjadi 13,3% akhirnya 89% Hal ini menunjukkan kenaikan-kenaikan yang berarti. Hal ini pula bahwa melalui diskusi dalam kelompok-kelompok kecil, upaya meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII F SMP Negeri 01 Ketanggungan Brebes pada pokok bahasan Teorema Pythagoras tercapai.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 14 Apr 2011 00:44
Last Modified: 25 Apr 2015 04:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item