Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Investigasi Kelompok dengan Teknik Peta Pikiran dan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bandung Kabupaten Kebumen
Deliar Noer Rahmahsani, 2101408096 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Investigasi Kelompok dengan Teknik Peta Pikiran dan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bandung Kabupaten Kebumen. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Menggunakan Model Investigasi Kelompok dengan Teknik Peta Pikiran dan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Negeri 1 Bandung Kabupaten Kebumen)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Bandung-Kebumen dikategorikan rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan dan mengembangkan ide atau gagasan menjadi sebuah karangan narasi. Model pembelajaran yang digunakan oleh guru cenderung konvensional, sehingga siswa belum dapat menulis karangan narasi dengan baik.Masalah tersebut diatasi dengan memberikan tindakan berupa model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar. Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar dan (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 1 Bandung-Kebumen setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku siswa kelas V SD Negeri 1 Bandung-Kebumen setelah mengikuti pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas V SD Negeri 1 Bandung-Kebumen. Variabel penelitian, yaitu keterampilan menulis karangan narasi dan model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes dan nontes. Analisis data dilakukan dengan analisis kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan menulis karangan narasi menggunakan model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar. Skor rata-ratapada siklus I mencapai 68,41 atau dalam kategori cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 84,45 atau dalam kategori baik, sedangkan skor rata-rata yang ditentukan adalah 70. Hal ini menunjukkan terdapat peningkatan 16,04 atau sebesar 23,44%. Peningkatan keterampilan menulis karangan narasi ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatifke perilaku positif signifikan. Berdasarkan hasil pembelajaran menulis karangan narasi menggunakan model investigasi kelompok dengan teknik peta pikiran dan media gambar pada siswa kelas V SD Negeri 1 Bandung, hendaknya model ini diterapkan guru dalam pembelajaran menulis karangan narasi di sekolah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis karangan narasi, model investigasi kelompok, teknik peta pikiran, media gambar. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Aug 2012 02:25 |
Last Modified: | 28 Aug 2012 02:25 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14534 |
Actions (login required)
View Item |