Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inkuiri Melalui Media Kubus Pintar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading


Tri Asih, 2101408045 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inkuiri Melalui Media Kubus Pintar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inkuiri Melalui Media Kubus Pintar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Berita dengan Pendekatan Kontekstual Komponen Inkuiri Melalui Media Kubus Pintar pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan dalam penelitian ini, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Ampelgading masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan menulis teks berita siswa adalah pemilihan pendekatan dan media yang digunakan guru dalam pembelajaran kurang bervariasi. Melalui pendekatan dan media yang bervariasi diharapkan kemampuan menulis teks berita siswa dapat ditingkatkan. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan; (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita menggunakan pendekatan kontekstual komponen inkuiri melalui media kubus pintar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsi peningkatan keterampilan menulis teks berita, dan; (2) mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa kelas VIII SMP N 1 Ampelgading setelah pembelajaran menulis teks berita dengan menggunakan pendekatan kontekstual komponen inkuiri melalui media kubus pintar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual komponen inkuiri pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu keterampilan menulis teks berita dan penggunaan pendekatan kontekstual komponen inkuiri dengan media kubus pintar. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan nontes. Alat pengambilan data tes berupa tes menulis teks berita sedangkan data nontes yang digunakan berupa pedoman observasi, jurnal, wawancara, dan dokumentasi foto. Analisis data meliputi data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan pendekatan kontekstual komponen inkuiri melalui media kubus pintar siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang. Pada tes prasiklus, siswa memperoleh nilai rata-rata sebesar 58,95 sedangkan pada siklus I, hasil tes siswa rata-rata sebesar 62,59. Berdasarkan hasil tersebut mengalami peningkatan sebesar 3,64 atau 6,17%. Pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 75,26 dan termasuk dalam kategori baik, sehingga terjadi peningkatan sebesar 12,67 atau sebesar 20,24% yaitu dari 62,59 pada siklus I menjadi 75,26 pada siklus II.Peningkatan keterampilan menulis teks berita ini juga diikuti dengan perubahan perilaku siswa dari perilaku negatif keperilaku positif. Pada siklus II kondisi kelas sudah dapat dikendalikan dan lebih kondusif, siswa yang kurangtermotivasi lebih bersemangat dalam pembelajaran menulis teks berita pada siklus II dan tampak serius, percaya diri, serta antusias mengikuti pembelajaran menulis teks berita. Berdasarkan hasil penelitian, simpulan yang dapat diambil adalah keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIIIH SMP Negeri 1 Ampelgading Kabupaten Pemalang mengalami peningkatan dan adanya perubahan perilaku yang positif setelah mengikuti proses pembelajaran menggunakan pendekatan kontekstual komponen inkuiri melalui media kubus pintar. Saran yang dapat disampaikan kepada Guru Bahasa dan Sastra Indonesia adalah guru dapat menggunakan pendekatan kontekstual komponen inkuiri melalui media kubus pintar pada pembelajaran menulis teks berita karena pendekatan tersebut terbukti dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa. Bagi peneliti yang lain, disarankan agar melakukan penelitian lebih lanjut mengenai keterampilan menulis teks berita dengan media dan model pembelajaran yang berbeda dan lebih menarik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis teks berita, pendekatan kontekstual, komponen inkuiri, media kubus pintar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 02:21
Last Modified: 28 Aug 2012 02:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14532

Actions (login required)

View Item View Item