Keefektifan Metode Investigasi Kelompok dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII
Liska Setiyaningsih, 2101407006 (2012) Keefektifan Metode Investigasi Kelompok dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Metode Investigasi Kelompok dan STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII)
- Published Version
Download (93kB) |
Abstract
Kemampuan menulis teks berita siswa SMP masih kurang optimal. Hal ini dapat dilihat dari perolehan nilai siswa dalam keterampilan menulis teks berita. Rendahnya kemampuan menulis teks berita disebabkan oleh kurang penggunaan metode yang dalam pembelajaran. Dalam pembelajaran menulis teks berita, siswa tidak diberi kesempatan untuk berpikir kreatif, berinteraksi dengan sesama siswa maupun dengan guru. Oleh sebab itu, dibutuhkan suatu metode dalam suatu model pembelajaran yang efektif untuk mempermudah siswa dalam menulis teks berita. Adapun metode yang dipilih adalah metode investigasi kelompok dan STAD (student teams achievement divisions). Model pembelajaran yang dipilih yaitu model pembelajaran kooperatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah keefektifan penggunaan metode investigasi kelompok, (2) bagaimanakah keefektifan penggunaan metode STAD (student teams-achievement divisions), (3) bagaimanakah perbedaan keefektifan penggunaan metode investigasi kelompok dan metode STAD (student teams achievement divisions) dalam proses pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP. Tujuan penelitian eksperimen ini yaitu (1) membuktikan keefektifan menulis teks berita dengan metode investigasi kelompok, (2) membuktikan keefektifan menulis teks berita dengan metode STAD (student teams achievement divisions), (3) membuktikan perbedaan keefektifan antara metode investigasi kelompok dan metode STAD dalam menulis teks berita siswa kelas VIII SMP. Penelitian yang dilakukan peneliti menggunakan metode eksperimen The Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Pengaruh perlakuan diperhitungkan melalui perbedaan antara pretes dengan postes pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian dilakukan di kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojotengah dan kelas VIII B SMP Negeri 1 Garung. Kelas VIII E SMP Negeri 1 Mojotengah sebagai kelas eksperimen diberi perlakuan metode investigasi kelompok dan kelas VIII B SMP Negeri 1 Garung sebagai kelas kontrol diberi perlakuan metode STAD. Pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, dan dokumentasi. Tes dilaksanakan dalam bentuk uraian, sedangkan observasi dan dokumentasi diterapkan pada saat pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis data awal yang meliputi uji normalitas, uji homogenitas, serta uji kesamaan rata-rata kedua kelompok, dan analisis data akhir yang menggunakan uji t. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti mengalami peningkatan. Pada pretes siswa kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata 68,58 sedangkan postes, rata-rata hasil tes siswa sebesar 73,62. Berdasarkan hasil tersebut rata-rata siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 5,04. Pretes siswa kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 66,96 sedangkan pada postes, rata-rata hasil tes siswa sebesar 69. Berdasarkan hasil tersebut rata-rata siswa kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 2,04. Hal tersebut menunjukkan metode investigasi kelompok yang digunakan pada kelas eksperimen lebih efektif dibandingkan dengan metode STAD yang digunakan pada kelas kontrol. Selain itu, dari hasil observasi menunjukkan adanya perubahan perilaku siswa ke arah positif. Perubahan perilaku yang terjadi adalah siswa lebih aktif selama pembelajaran, lebih terfokus tehadap penjelasan guru dan berdisiplin dalam tugas. Hal tersebut terbukti dari dokumentasi foto. \Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode investigasi kelompok lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita. Mengacu pada simpulan tersebut, peneliti menyarankan agar guru bahasa dan sastra Indonesia menggunakan metode investigasi kelompok dalam pembelajaran menulis teks berita. Penerapan metode tersebut sebaiknya disesuaikan dengan kondisi siswa, kondisi lingkungan sekolah, serta kondisi lingkungan masyarakat sekitar sehingga hasil yang diperoleh bermanfaat secara maksimal. Para peneliti bidang bahasa dan sastra Indonesia disarankan agar melakukan penelitian lanjutan mengenai keterampilan menulis teks berita.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | keterampilan menulis teks berita, metode investigasi kelompok, metode STAD |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 28 Aug 2012 02:09 |
Last Modified: | 28 Aug 2012 02:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14525 |
Actions (login required)
View Item |