Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Kepala Keluarga di Kabupaten Pati


Latifatul Munafi’ah, 4151308013 (2011) Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Kepala Keluarga di Kabupaten Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Kepala Keluarga di Kabupaten Pati] Microsoft Word (Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Kepala Keluarga di Kabupaten Pati) - Published Version
Download (27kB)

Abstract

Pendapatan kepala keluarga adalah jumlah penghasilan riil dari seluruh anggota rumah tangga yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan bersama maupun perseorangan dalam rumah tangga. Permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pendapatan kepala keluarga, faktor yang paling dominan dan seberapa besar kontribusi dari masing-masing faktor dominan yang mempengaruhi pendapatan kepala keluarga. Adapun tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini antara lain untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi pendapatan kepala keluarga beserta kriterianya agar dapat terbentuk faktor yang paling dominan yang mempengaruhi pendapatan kepala keluarga. Serta mengidentifikasi seberapa besar kontribusi dari masing-masing faktor tersebut. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 100 kepala keluarga di Kabupaten Pati, yang diamati adalah pendapatan, pengeluaran, usia, anak, tanggungan keluarga, bayar listrik, kendaraan, tabungan, pajak, dan jam kerja. Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah metode kuesioner. Data diperoleh dengan cara mengajukan kuesioner yang memuat 13 buah item pertanyaan yang berhubungan dengan pendapatan kepala keluarga. Data tersebut kemudian dianalisis dengan analisis faktor untuk mengetahui faktor dominan yang mempengaruhi pendapatan kepala keluarga. Selanjutnya untuk mengetahui besar pengaruh masing-masing faktor terhadap pendapatan dilakukan analisis regresi dengan menggunakan program SPSS 16.0. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh 3 faktor yang mempengaruhi pendapatan kepala keluarga yaitu faktor ekonomi (X1), faktor keluarga (X2), dan faktor kerja (X3). Diperoleh persamaan estimasi regresi linier ganda = 5,907 + 0,430X1 - 0,057X2 + 0,067X3, dengan koefisien determinasi R sebesar 0,648, maka disimpulkan bahwa X1, X2, dan X3 memberikan sumbangan sebesar 64,8% terhadap pendapatan kepala keluarga di Kabupaten Pati. Besarnya pengaruh faktor ekonomi (X1) terhadap pendapatan kepala keluarga di Kabupaten Pati sebesar 62,4%, faktor keluarga (X2) sebesar 1,6%, dan faktor kerja (X3) sebesar 1,2%. Dari X1, X2, dan X3 yang paling besar pengaruhnya adalah X1 yaitu 62,4% sedangkan sisanya 37,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Sebaiknya untuk dapat meningkatan pendapatan kepala keluarga di Kabupaten Pati, maka perlu memperhatikan faktor ekonomi, faktor keluarga, dan faktor kerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 01:16
Last Modified: 28 Aug 2012 01:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14518

Actions (login required)

View Item View Item