Pemodelan Runtun Waktu Produksi Minyak Mentah Pada Pertamina dan Perusahaan Kontrak Bagi Hasil


Ardhi Hakim, 4151308007 (2012) Pemodelan Runtun Waktu Produksi Minyak Mentah Pada Pertamina dan Perusahaan Kontrak Bagi Hasil. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pemodelan Runtun Waktu Produksi Minyak Mentah Pada Pertamina dan Perusahaan Kontrak Bagi Hasil] Microsoft Word (Pemodelan Runtun Waktu Produksi Minyak Mentah Pada Pertamina dan Perusahaan Kontrak Bagi Hasil) - Published Version
Download (28kB)

Abstract

Dewasa ini hampir seluruh kebutuhan energi di Indonesia masih bergantung dengan minyak bumi, baik dalam sektor industri, transportasi maupun rumah tangga. Setiap perubahan–perubahan yang terjadi terhadap minyak bumi akan berpengaruh terhadap proses pembangunan Indonesia, baik secara langsung terhadap besarnya penerimaan negara maupun secara tidak langsung melalui tingginya laju inflasi. Kenaikan harga minyak akan menyebabkan kenaikan indeks harga. Kenaikan indeks harga tersebut merupakan penyebab utama tingginya tingkat inflasi. Dalam penulisan ini akan dilakukan pemodelan produksi minyak mentah pada tahun 2010 dan 2011. Dalam melakukan pemodelan di tugas akhir ini menggunakan program R. Program R adalah sebuah program statistik yang open source atau freeware dan dapat di gunakan disemua operating sistem. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model ARIMA untuk produksi minyak mentah pada pertamina dan perusahaan kontrak bagi hasil, dan untuk mengetahui besar peramalan produksi minyak mentah pada pertamina dan perusahaan kontrak bagi hasil dengan metode ARIMA. Berdasarkan hasil pemodelan runtun waktu dengan metode Box-Jenkins melalui beberapa tahap yaitu plot data, kstasioneran data, identifikasi model, estimasi model dan tahap diagnostik checking, diperoleh model ARIMA (1,1,1) sebagai model yang tepat untuk peramalan data produksi minyak mentah. Hasil dari pemodelan produksi minyak mentah dapat di lihat pada tabel 4.3 pada bagian pembahasan di bab IV.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 01:10
Last Modified: 28 Aug 2012 01:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14513

Actions (login required)

View Item View Item