Teknik Analisis Statistik Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Program Amos 7.0


Niken Prabaningrum Ilmiana, 4151308005 (2011) Teknik Analisis Statistik Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Program Amos 7.0. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Teknik Analisis Statistik Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Program Amos 7.0] Microsoft Word (Teknik Analisis Statistik Menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) dengan Program Amos 7.0) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Teknik analisis data yang telah banyak digunakan oleh peneliti, diantaranya analisis jalur (path analysis), analisis regresi (regression analysis) dan analisis faktor konfirmatori (confirmatory factor analysis). Model persamaan struktural merupakan generasi kedua teknik analisis multivariat SEM dapat menguji bersama-sama model struktural (hubungan antara konstruk independen dengan dependen) dan model pengukuran (hubungan antara indikator dengan konstruk) karena SEM sangat berguna pada seluruh bidang sosial (ekonomi, sosiologi, antropologi, dan sebagainya. Aplikasi SEM yang akan digunakan adalah Amos 7.0. Amos merupakan perangkat lunak SEM yang paling popular selain Lisrel. Tujuan yang dicapai dalam penulisan tugas akhir ini adalah untuk mengetahui pemodelan-pemodelan yang ada pada SEM dan contoh kasus yang menggunakan pemodelan dalam SEM dengan Program Amos 7.0 Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah metode studi literatur dan metode laboratorium. Studi literatur dimulai dengan penemuan masalah, perumusan masalah, studi pustaka, analisis dan pemecahan masalah, sedangkan metode laboratorium dimulai dengan contoh permasalahan kemudian diselesaikan dengan bantuan program, serta penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diperoleh dalam pembuatan sebuah model persamaan struktural menggunakan pengembangan model pengukuran dan model struktural. Model pengukuran menghubungkan variabel laten dengan semua indikator. Model struktural menggambarkan hubungan-hubungan yang ada diantara variabel laten. Penyelesaian SEM dapat dilakukan dengan Program Amos 7.0. Ada 5 langkah analisis yakni menggambar model persamaan, menyiapkan data, menentukan metode estimasi dan output, memilih output, dan mengeksekusi (run) perintah program. Dalam contoh kasus terdapat variabel kondisi internal (X11-X10), kondisi debitur (X20-X27), kondisi lingkungan (X28-X34) dan strategi kredit (X11-X19) dianalisis mulai dari model belum fit sehingga mendapatkan model yang fit. Saran yang dapat diberikan adalah dengan teknik analisis Structural Equation Modeling dapat digunakan sebagai salah satu alternatif penyelesaian masalah statistic dengan beberapa kelebihan dibandingkan dengan teknik analisis statistik yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Structural Equation Modeling (SEM), AMOS
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 01:05
Last Modified: 28 Aug 2012 01:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14510

Actions (login required)

View Item View Item