Pengaruh Indeks Harga Saham, Laba Perusahaan, dan Deviden terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009

Ida Farida, 4151308004 (2011) Pengaruh Indeks Harga Saham, Laba Perusahaan, dan Deviden terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) Tahun 2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Harga saham merupakan suatu indikator adanya keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan,perubahan harga saham dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya kondisi fundamental perusahaan, hukum permintaan dan penawaran, tingkat suku bunga, indeks harga saham, kurs valuta asing, dana asing dibursa, news dan rumors. Metode regresi merupakan salah satu metode uji pengaruh antara variabel X terhadap Yyang dalam penelitian ini digunakan sebagai metode dalam pengaruh indeks harga saham, laba perusahaan dan deviden terhadap harga saham perusahaan manufaktur. Rumusan masalah dan tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Indeks Harga Saham, Laba Perusahaan dan Deviden terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2009 dengan Program LISREL 8.8, dan untuk mengetahui kontribusinya Indeks Harga Saham, Laba Perusahaan dan Deviden terhadap Harga Saham Perusahaan Manufaktur. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode literatur dan dokumentasi. Dalam metode literatur penulis mengumpulkan bacaan yang berkaitan dengan masalah yang diteliti yaitu tentang LISREL,regresi, dan buku-buku yang lain sebagai penunjang untuk memecahkan permasalahan. Metode dokumentasi yaitu pengambilan data sekunder berupa data indeks harga saham, laba perusahaan, deviden dan harga saham perusahaan manufaktur tahun yang terdaftar di Bursa efek Indonesia tahun 2009. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh bahwa terdapat pengaruh antara indeks harga saham, laba perusahaan dan deviden terhadap harga saham perusahaan manufaktur tahun 2009. Jadi dapat disimpulkan hasil analisis terdapat pengaruh antara indeks harga saham, laba perusahaan dan deviden terhadap harga saham perusahaan manufaktur.sebesar 6.4%, sedangkan sisanya sebesar 93.6% dipengaruhi oleh faktor lain. faktor –faktor lain yang mempengaruhi harga saham perusahaan manufaktur diantaranya adalah kondisi fundamental perusahaan, hukum permintaan dan penawaran, tingkat suku bunga, kurs valuta asing, dana asing dibursa, news, rumors, return on aset (tingkat pengembalian laba), return on equity (tingkat pengembalian modal).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Indeks Harga Saham, Laba Perusahaan, Deviden, Harga Saham, LISREL 8.8.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 21:03
Last Modified: 27 Aug 2012 21:03

Actions (login required)

View Item