Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pasien Memilih RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk Berobat Pada Tahun 2011


Afif Ardiansyah, 4151307005 (2011) Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pasien Memilih RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk Berobat Pada Tahun 2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pasien Memilih RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk Berobat Pada Tahun 2011] Microsoft Word (Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pasien Memilih RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk Berobat Pada Tahun 2011) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

RSUD Bendan Kota Pekalongan menjadi andalan bagi masyarakat umum menengah ke bawah di lingkungan sekitar, oleh karena itu perlu ditingkatkan kinerja pelayanan kesehatan di Rumah Sakit tersebut sehingga dapat meningkatkan jumlah pasien dalam berobat dan untuk digunakan chek up kondisi kesehatan seseorang di RSUD Bendan Kota Pekalongan. Mengingat pentingnya pelayanan kesehatan kepada semua masyarakat, maka diperlukan analisis mengenai faktor yang mempengaruhi pasien memilih RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk berobat, faktor yang akan dianalisis adalah pelayanan, keamanan, dokter, fasilitas, letak, kebersihan, biaya, perawat, ketertiban, obat dan alat kesehatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode observasi yaitu dengan pengamatan secara langsung terhadap obyek yang hendak diteliti, metode kuesioner yaitu dengan menyebarkan kuesioner yang berisi daftar pertanyaan kepada para responden untuk memperoleh data tentang faktor – faktor yang memilih pasien untuk berobat di RSUD Bendan Kota Pekalongan. Analisis data menggunakan analisis multivariat yaitu analisis faktor. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari sepuluh variabel yang dianalisis yaitu variabel pelayanan, keamanan, dokter, fasilitas, letak, kebersihan, biaya, perawat, ketertiban, obat dan alat kesehatan, hanya tujuh variabel saja yang layak untuk mengikuti analisis lebih lanjut, yaitu variabel pelayanan, dokter, fasilitas, letak, kebersihan, biaya, dan ketertiban. Setelah dilakukan reduksi, terdapat dua faktor yang mempengaruhi pasien memilih RSUD Bendan Kota Pekalongan untuk berobat pada tahun 2011, yaitu faktor internal, faktor keunggulan. Saran yang dapat diberikan dari hasil penelitian antara lain, RSUD Bendan Kota Pekalongan harus lebih meningkatkan lagi pelayanan kepada pasien terutama pelayanan pendaftaran pasien, sehingga pasien tidak terlalu lama menunggu dan bisa segera mendapatkan perawatan yang lebih intensif dan menyediakan fasilitas yang lebih lengkap lagi, terutama fasilitas di ruang tunggu dan di kamar perawatan pasien, agar pasien merasa lebih nyaman, serta meningkatkan kinerja dokter agar lebih baik lagi dalam mengobati pasien, sehingga jumlah pasien yang akan berobat semakin naik, serta harus lebih meningkatkan dan menjaga suasana dan kondisi yang tertib dan kondusif, serta lebih meningkatkan lagi kebersihan di semua ruang – ruang di kamar pasien maupun di tempat lainnya sehingga membuat pasien lebih nyaman dan beristirahat dengan tenang, dan bisa memberikan pengobatan yang murah untuk semua pasien, khususnya bagi pasien yang kurang mampu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76 Computer software
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika Terapan dan Komputasi, D3
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 00:49
Last Modified: 28 Aug 2012 00:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14504

Actions (login required)

View Item View Item