Majas Dalam Kumpulan Geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo

Ani. Novitasari, 2102408086 (2012) Majas Dalam Kumpulan Geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Majas mempunyai peranan sebagai ciri khas bahasa yang digunakan pengarang dalam geguritan. Kumpulan geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo banyak menggunakan bahasa figuratif atau disebut majas. Majas memiliki potensi untuk menambah keindahan karya sastra. Seperti bentuk karya sastra lain, geguritan karya Handoyo Wibowo mempunyai ciri-ciri khusus yaitu menggunakan bahasa kias atau majas yang maknanya tersirat yang sulit dipahami dan kalimat yang relatif pendek. Masalah dalam penelitian ini adalah (1) apa saja jenis majas dalam kumpulan geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo? dan (2) bagaimana fungsi majas dalam kumpulan geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi jenis majas dan fungsi majas dalam kumpulan geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan stilistika dan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan sumber data kumpulan geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo. Data dalam penelitian ini berupa kata dan kalimat yang mengandung majas. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa majas yang terdapat pada kumpulan geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo yaitu majas perbandingan atau simile, majas metafora, majas perumpamaan epos, majas personikasi, majas metonimia, majas sinekdoke, dan majas allegori. Fungsi penggunaan majas dalam kumpulan geguritan Nurani Peduli karya Handoyo Wibowo adalah membangkitkan imajinasi visual, menarik perhatian pembaca, mengiaskan atau mempersamakan sesuatu hal dengan hal lain, dan mengkonsentrasikan makna yang luas dengan bahasa yang lebih singkat atau sebaliknya. Saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah hasil penelitian terhadap kumpulan geguritan Nurani Peduli dijadikan bahan acuan dalam penggunaan majas dan fungsinya pada penulisan atau penelitian karya sastra yang sejenis. Karya sastra ini juga dapat digunakan sebagai bahan ajar di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: geguritan, majas, Nurani Peduli
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 20:23
Last Modified: 27 Aug 2012 20:23

Actions (login required)

View Item