Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Peserta Didik Kelas VII


Endah Sulistyowati, 4101408116 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Peserta Didik Kelas VII. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Peserta Didik Kelas VII] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran CPS Berbantuan Kartu Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Segiempat Peserta Didik Kelas VII) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Sebanyak 17 dari 35 peserta didik kelas VII di SMP N 1 Kragan tahun pelajaran 2010/2011 belum mencapai KKM pada ulangan harian materi segiempat. Selain itu, peserta didik masih kesulitan untuk menyelesaikan soal-soal bertipe pemecahan masalah. Model pembelajaran CPSadalah suatu model pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CPSberbantuan kartu masalah merupakan salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal bertipe pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan kartu masalahdapat mencapai ketuntasan belajar dan apakah rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan kartu masalah lebih baik daripada rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Kragan. Dengan teknik random sampling diperoleh dua kelas sebagai sampel penelitian yaitu kelas VII G sebagai kelas eksperimen dan kelas VII H sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, metode tes dan metode observasi. Berdasarkan analisis hasil penelitian diketahui bahwa 89% peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS berbantuan kartu masalah memenuhi KKM yaitu 66. Selain itu, terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CPS dengan peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran CTL. Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CPS berbantuan kartu masalah efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII SMP N 1 Kragan pada materi segiempat. Peneliti memberikan saran agar model pembelajaran CPS berbantuan kartu masalah dapat diterapkan sebagai alternatif usaha perbaikan pembelajaran di sekolah khususnya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas VII di SMP 1 Kragan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Creative Problem Solving (CPS), kartu masalah, kemampuan pemecahan masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2012 05:27
Last Modified: 28 Aug 2012 05:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14490

Actions (login required)

View Item View Item