Keefektifan Inquiry Based Learning dengan Pendekatan PMRI Berbantuan LKPD terhadap Pemahaman Konsep Materi Pokok Segitiga Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Boja

Lina Haryanti, 4101408079 (2012) Keefektifan Inquiry Based Learning dengan Pendekatan PMRI Berbantuan LKPD terhadap Pemahaman Konsep Materi Pokok Segitiga Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 2 Boja. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Abstract

Pembelajaran matematika yang berlangsung hingga saat ini cenderung masih berorientasi pada pencapaian target kurikulum. Guru masih ditempatkan sebagai sumber pengetahuan dan peserta didik kurang aktif dalam kegiatan matematika. Selain itu jarang digunakan alat peraga sederhana untuk menjembatani peserta didik memahami konsep yang dipelajari. Sehingga pemahaman peserta didik terhadap konsep matematika rendah. Melalui pembelajaran Inquiry Based Learning dengan pendekatan PMRI, peserta didik akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai materi segitiga karena peserta terlibat secara aktif. Peserta didik menjalani proses menemukan sendiri pengetahuan yang mereka cari. Sedangkan tugas guru adalah sebagai fasilitator, yang mendampingi dan membantu peserta didik menemukan pengetahuannya. Peserta didik akan mudah memahami konsep matematika dengan baik jika pada saat pembelajaran, konsep tersebut dikaitkan dengan pengalaman peserta didik dalam kehidupan sehari–hari. Selain itu pembelajaran dengan pendekatan PMRI tidak dapat dipisahkan dengan alat peraga. Alat peraga membantu peserta didik menemukan konsep baru berdasarkan masalah yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model Inquiry Based Learning dengan pendekatan PMRI berbantuan LKPD terhadap hasil belajar peserta didik mengenai pemahaman konsep pada materi pokok segitiga serta membandngkannya dengan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 2 Boja. Dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas sebagai sampel penelitian, yakni kelas VII A dan kelas VII C. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah hasil belajar peserta didik mengenai pemahaman konsep pada materi pokok segitiga dan variabel independen dalam penelitian ini adalah Inquiry Based Learning pendekatan PMRI dengan Contextual Teaching and Learning (CTL). Pengambilan data dilakukan dengan dokumentasi, observasi, dan metode tes. Pada penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa Inquiry Based Learning dengan pendekatan PMRI berbantuan LKPD efektif diterapkan pada materi pokok segitiga. Begitu pula dengan model CTL, juga efektif diterapkan pada materi pokok segitiga. Namun hasil belajar peserta didik mengenai pemahaman konsep di kelas yang menggunakan pembelajaran Inquiry Based Learning dengan pendekatan PMRI berbantuan LKPD lebih baik dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran CTL.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keefektifan, Inquiry Based Learning, PMRI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 18:24
Last Modified: 27 Aug 2012 18:24

Actions (login required)

View Item