Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Media CD Pembelajaran Peraga pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas VIII Kejar Paket B Setara SMP di Sanggar Kegiatan Belajar Kab Cilacap Tahun 2010/2011


Sukarsono, 4101407125 (2011) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Media CD Pembelajaran Peraga pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas VIII Kejar Paket B Setara SMP di Sanggar Kegiatan Belajar Kab Cilacap Tahun 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Media CD Pembelajaran Peraga pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas VIII Kejar Paket B Setara SMP...] Microsoft Word (Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Media CD Pembelajaran Peraga pada Materi Pokok Bangun Ruang Sisi Datar Untuk Kelas VIII Kejar Paket B Setara SMP...) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Rata-rata hasil belajar matematika peserta didik Sanggar Kegiatan Belajar Cilacap masih tergolong rendah, yaitu rata-rata hasil ulangan akhir semester tahun pelajaran 2010/2011 adalah 6,2 Kenyataan ini menunjukkan ada kendala dalam pembelajaran matematika di Sanggar Kegiatan Belajar Cilacap. Berdasarkan hasil pengamatan, diperoleh fakta yang menunjukkan kurangnya motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika. Cara seorang guru akan mempengaruhi bagai mana cara ia mengelola pembelajarannya. Guru sangat berperan penting dalam mencerdaskan anak didiknya. Hal ini menutut kreatifitas seorang guru untuk mecari metode yang tepat dalam melakukan proses pembelajaran supaya apa yang disampaikan dapat diterima dengan mudah oleh peserta didik dan memperoleh hasil yang maksimal. Penelitian dilakukan dengan mengambil subyek peserta didik kelas VIII Sanggar Kegiatan Belajar Cilacap sejumlah 32 peserta pada tahun pelajaran 2010/2011. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu planing (perencanaan), acting (tindakan), observing (pengamatan), dan Refleksi (refleksi). Hasil penelitian menunjukkan pada ketiga siklus menujukan adanya peningkatan nilai rata-rata dari hasil tes yaitu siklus 1 sebesar 70,05, siklus 2 sebesar 76,32 dan siklus 3 sebesar 78,06. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media CD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajaar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti mengambil kesimpulan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantu media CD pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Hal ini ditunjukan dari hasil nilai yang diperoleh dari ketiga diklus yang melampaui KKM yang telah ditetapkan yaitu ≥ 65.00. Peneliti juga memberikan saran kepada guru bidang studi, dengan menerapkan model-model pembelajaran yang efektif dan penggunan media pembelajaran agar motivasi dan hasil belajar peserta didik lebih baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas dan hasil belajar, Student Team Achivemen Devision, CD Pembelajaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 18:04
Last Modified: 27 Aug 2012 18:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14479

Actions (login required)

View Item View Item