. Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Alat Peraga dan LKPD Pada Materi Pokok Keliling & Luas Segiempat di PKBM Tunas Bangsa Semarang
Nur Hidayah, 4101407124 (2011) . Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Alat Peraga dan LKPD Pada Materi Pokok Keliling & Luas Segiempat di PKBM Tunas Bangsa Semarang. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (. Meningkatkan Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajar Peserta Didik dengan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) Berbantuan Alat Peraga dan LKPD Pada Materi Pokok Keliling & Luas Segiempat di PKBM Tunas Bangsa Semarang)
- Published Version
Download (31kB) |
Abstract
Proses pembelajaran matematika di PKBM Tunas Bangsa masih berpusat pada guru. Dalam pembelajaran di kelas guru belum menerapkan model maupun metode yang sesuai dengan pembelajaran yang akan diajarkan. Peserta didik kurang diberi kesempatan untuk mengkonstruksi sendiri ide-ide matematika, sehingga kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal matematika masih rendah. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah menghubungkan matematika dengan dunia nyata, pemodelan matematika, dan lembar kerja peserta didik. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah dengan model pembelajaran realistic mathematics education (RME) berbantuan alat peraga dan LKPD pada materi pokok keliling & luas segiempat di PKBM Tunas Bangsa Semarang dapat meningkatkan motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar peserta didik ? tujuan penelitian ini adalah meningkatkan motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar peserta didik dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga dan LKPD pada materi pokok keliling & luas segiempat di PKBM Tunas Bangsa Semarang. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII KPB Tunas Bangsa Semarang tahun Pelajaran 2010/2011 sebanyak 20 peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dalam dua siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah ketuntasan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata > 65 dengan ketuntasan > 70 %, dan rata-rata persentase aktivitas peserta didik >70%, serta rata-rata motivasi peserta didik >80%. Hasil penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh peserta didik yang mendapat nilai > 65 sebanyak 11 dari 20 peserta didik dengan (ketuntasan 55 %) dengan nilai rata-rata 64,96 dan keaktifan peserta didik 58,2%, serta motivasi 89,3%. pada siklus II, banyaknya peserta didik yang mendapat nilai > 65 sebanyak 14 dari 20 peserta didik (ketuntasan 70 %) dengan nilai rata-rata 66,57 dan keaktifan peserta didik 73,31%, serta motivasi 91,12%. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa motivasi belajar, aktivitas belajar, dan hasil belajar peserta didik dapat ditingkatkan dengan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME) berbantuan alat peraga dan LKPD pada materi pokok keliling & luas segiempat.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | aktivitas belajar, hasil belajar, motivasi belajar, Realistic Mathematics Education, alat peraga |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 18:01 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 18:01 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14478 |
Actions (login required)
View Item |