Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pemanfaatan Alat Peraga pada Peserta Didik Paket B Kelas VIII di SKB Simo Kabupaten Boyolali


Suciana Ramadhani, 4101407122 (2011) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pemanfaatan Alat Peraga pada Peserta Didik Paket B Kelas VIII di SKB Simo Kabupaten Boyolali. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)  dengan Pemanfaatan Alat Peraga pada Peserta Didik Paket B Kelas VIII di SKB Simo Kabupaten] Microsoft Word (Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Kubus dan Balok Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan Pemanfaatan Alat Peraga pada Peserta Didik Paket B Kelas VIII di SKB Simo Kabupaten) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Konsep-konsep dalam matematika bersifat abstrak dan cenderung sukar diterima dan dipahami oleh peserta didik, sehingga sebagian besar peserta didik malas dan kurang berminat untuk mempelajari matematika, akibatnya masih banyak peserta didik yang hasil belajar matematikanya rendah. Oleh sebab itu diperlukan suatu usaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik, yaitu dilakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Pokok bahasan yang diambil untuk bahan penelitian ini adalah Kubus dan Balok, permasalahan yang diangkat pada penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi kubus dan balok dapat ditingkatkan. Subyek penelitian ini adalah peserta didik Paket B Kelas VIII di SKB Simo Kabupaten Boyolali. Prosedur tindakan kelas ini ditempuh dalam 2 siklus. Langkah-langkah setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Cara pengambilan data dalam penelitian ini dengan menggunakan penilaian kerja dan pengamatan (observasi). Hasil pengamatan (observasi) selama penelitian menunjukkan adanya keterlibatan peserta didik dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data yang diperoleh, dari hasil tes akhir siklus I dan II persentase aktivitas dan ketuntasan belajar peserta didik menunjukkan peningkatan. Persentase aktivitas peserta didik siklus I pertemuan I adalah 52,5% dan pertemuan II sebesar 67,5%, sedangkan persentase aktivitas peserta didik siklus II pertemuan I adalah 75% dan pada pertemuan II sebesar 85%. Persentase Siklus I peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 14 anak sebesar 70%, siklus II peserta didik yang tuntas belajar sebanyak 17 anak sebesar 85%. Dari hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan bahwa aktivitas dan hasil belajar matematika peserta didik pada materi kubus dan balok melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dengan pemanfaatan alat peraga pada peserta didik Paket B Kelas VIII di SKB Simo Kabupaten Boyolali dapat ditingkatkan. Untuk itu guru disarankan agar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil belajar, TAI, Alat peraga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 17:58
Last Modified: 27 Aug 2012 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14477

Actions (login required)

View Item View Item