Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX-A SKB Cilacap tahun 2010/2011 pada materi pokok Barisan dan Deret Bilangan melalui model pembelajaran kooperatif NHT


Esti Andayani, 4101407120 (2011) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX-A SKB Cilacap tahun 2010/2011 pada materi pokok Barisan dan Deret Bilangan melalui model pembelajaran kooperatif NHT. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX-A SKB Cilacap tahun 2010/2011 pada materi pokok Barisan dan Deret Bilangan melalui model pembelajaran kooperatif NHT] Microsoft Word (Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IX-A SKB Cilacap tahun 2010/2011 pada materi pokok Barisan dan Deret Bilangan melalui model pembelajaran kooperatif NHT) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Di SKB Cilacap, pembelajaran matematika masih didominasi oleh guru sehingga keaktifan peserta didik dalam kelas masih kurang. Hal ini berpengaruh pada rendahnya nilai rata-rata peserta didik dalam materi pokok Barisan dan Deret Bilangan. Untuk mengatasinya, harus menggunakan model yang cocok agar peserta didik dapat berpikir kritis, logis, dan dapat memecahkan masalah , salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) apakah aktivitas peserta didik kelas IX-A SKB Cilacap pada materi pokok Barisan dan Deret Bilangan dapat ditingkatkan, (2) apakah aktivitas peserta didik kelas IX-A SKB Cilacap pada penyelesaian tugas LKPD dapat ditingkatkan, dan (3) apakah hasil belajar peserta didik kelas IX-A SKB Cilacap tahun pelajaran 2010/2011 pada materi pokok Barisan dan Deret Bilangan dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif NHT. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: aktivitas peserta didik dalam pembelajaran yang diambil dari lembar pengamatan, hasil tugas LKPD, hasil tes tiap siklus. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah: (1) apabila jumlah peserta didik berkategori tuntas belajar minimal 70% dengan kriteria tuntas belajar jika nilai tes pada siklus I dan II minimal 60, (2) apabila aktivitas peserta didik dalam pembelajaran minimal 70% yang diukur dengan melihat lembar pengamatan aktivitas. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 62 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 67%, aktivitas peserta didik 60% pada pertemuan pertama, pertemuan kedua 61%, dan pertemuan ketiga 64%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan rata-rata hasil belajar peserta didik sebesar 70 dan persentase ketuntasan belajar sebesar 83%, aktivitas peserta didik pada pertemuan pertama 68%, dan pertemuan kedua 71%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif NHT dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IX-A SKB Cilacap Tahun Pelajaran 2010/2011 pada materi pokok Barisan dan Deret Bilangan. Disarankan guru dapat terus mengembangkan model pembelajaran kooperatif NHT pada materi pokok yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, NHT
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 17:55
Last Modified: 27 Aug 2012 17:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14476

Actions (login required)

View Item View Item