Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Segiempat (Persegipanjang dan Persegi) Melalui Implementasi Model Pembelajaran CTL Dengan Media Alat Peraga Pada Kelas VII di SKB Cilacap


Murbiyanti, 4101407119 (2011) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Segiempat (Persegipanjang dan Persegi) Melalui Implementasi Model Pembelajaran CTL Dengan Media Alat Peraga Pada Kelas VII di SKB Cilacap. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Segiempat (Persegipanjang dan Persegi) Melalui Implementasi Model Pembelajaran CTL Dengan Media Alat Peraga Pada  Kelas VII di SKB Cilacap] Microsoft Word (Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Pokok Segiempat (Persegipanjang dan Persegi) Melalui Implementasi Model Pembelajaran CTL Dengan Media Alat Peraga Pada Kelas VII di SKB Cilacap) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Dalam suatu proses belajar mengajar peran guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membantu peserta didiknya untuk mencapai hasil belajar yang optimal. Pembelajaran yang diberikanpun seharusnya tidak membosankan, salah satu alternatif yang digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran Contexstual Teaching and Learning (CTL) berbantuan alat peraga dalam pembelajaran matematika, sehingga peserta didik dapat belajar secara aktif dan dapat mengembangkan kreativitasnya untuk mencapai hasil belajar yang baik. Namun apakah dengan model pembelajaran CTL berbantuan alat peraga pada materi pokok segiempat, hasil belajar peserta didik kelas VII semester II Paket B di SKB Cilacap akan meningkat. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran CTL dengan media alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas peserta didik. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII A semester genap di SKB Cilacap, berjumlah 27 peserta didik yang terdiri dari 22 peserta didik laki-laki dan 5 peserta didik perempuan, pada materi pokok segi empat dengan fokus penelitian pada aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan yakni : perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil belajar yang diperoleh setelah dilakukan tindakan kelas dalam materi pokok segiempat melalui model pembelajaran CTL pada kelas VII meningkat, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 69,9, peserta didik yang belum tuntas sebanyak 8 anak (29,6%), dengan nilai tertinggi 86,66 dan nilai terendah 50, pada siklus II diperoleh nilai rata-rata peserta didik sebesar 80,6 peserta didik yang tuntas sebanyak 24 anak (88,89%),peserta didik yang tidak tuntas sebanyak 3 (11,11%) dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 60, dari siklus I ke siklus II ternyata ada kemajuan meskipun tuntas belajar tidak mencapai 100%. Tetapi jika dilihat dari nilai rata-rata kelas tahun lalu dengan rata-rata kelas pada penelitian, ada peningkatan, yaitu dari rata-rata 5,5 menjadi 80,6. Dari hasil penelitian yang diperoleh maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan penerapan model pembelajaran CTL berbantuan alat peraga, aktivitas dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok segi empat dapat ditingkatkan. Untuk itu guru disarankan agar menggunakan model Contextual Teaching and Learning dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Contekstual Teaching Learning (CTL), alat peraga, segiempat.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 17:52
Last Modified: 27 Aug 2012 17:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14475

Actions (login required)

View Item View Item