Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Macromedia Flash pada Materi Pokok Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas X MA Negeri Tengaran


M. Syaiful Amri, 4101407097 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Macromedia Flash pada Materi Pokok Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas X MA Negeri Tengaran. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Macromedia Flash pada Materi Pokok Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas X MA Negeri Tengaran] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Macromedia Flash pada Materi Pokok Dimensi Tiga Peserta Didik Kelas X MA Negeri Tengaran) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash lebih efektif dari pada pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MA Negeri Tengaran pada materi pokok dimensi tiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih efektif mana model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash dan pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MA Negeri Tengaran pada materi pokok dimensi tiga. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas X MA Negeri Tengaran. Dengan teknik random sampling terpilih sampel yaitu kelas X-3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X-4 sebagai kelompok kontrol. Kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash. Sedangkan kelas kontrol diterapkan pembelajaran ekspositori. Pada akhir pembelajaran kedua kelas sampel diberi tes akhir dengan menggunakan instrumen yang sama yang telah diuji validitas, taraf kesukaran, daya pembeda, dan reliabilitasnya. Berdasarkan hasil uji normalitas dan homogenitas data hasil tes dari kedua kelompok tersebut diperoleh bahwa kedua sampel normal dan homogen, sehingga dilakukan pengujian hipotesis. Hasil perhitungan uji ketuntasan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen diperoleh thitung = 5,669 dan ttabel = 1,71. karena thitung > ttabel, berarti rata-rata hasil belajar matematika kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan belajar. Dari hasil perhitungan uji perbedaan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol pada lampiran diperoleh thitung = 2,73 sedangkan nilai ttabel = 1,68. Karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi rata-rata tes hasil belajar kelas eksperimen lebih baik dari pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan Macromedia Flash lebih efektif dari pada pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MA Negeri Tengaran pada materi pokok dimensi tiga. Disarankan guru dapat menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbantuan Macromedia Flash sebagai suatu inovasi dalam upaya meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD, Macromedia Flash, Dimensi Tiga.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 17:46
Last Modified: 27 Aug 2012 17:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item