Pengaruh Penerapan Lesson Study dengan Pendekatan MASTER CTL (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect, Contextual Teaching And Learning) terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Sub Materi Limas di SMP Negeri 1 Gabus
Siti Saudah, 4101407091 (2011) Pengaruh Penerapan Lesson Study dengan Pendekatan MASTER CTL (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect, Contextual Teaching And Learning) terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Sub Materi Limas di SMP Negeri 1 Gabus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Penerapan Lesson Study dengan Pendekatan MASTER CTL (Mind, Acquire, Search Out, Trigger, Exhibit, Reflect, Contextual Teaching And Learning) terhadap Kemandirian dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VIII Sub Materi Limas di SMP Negeri 1 Gabus)
- Published Version
Download (33kB) |
Abstract
Berdasarkan pengalaman di lapangan, masih banyak guru yang mengajar dengan pembelajaran konvensional. Pembelajaran ini menekankan pada pemberian informasi dari guru saja. Akibatnya, peserta didik hanya bergantung pada informasi dari guru. Hal inilah yang menyebabkan kemandirian dan hasil belajar yang diperoleh menjadi belum maksimal. Melalui penerapan lesson study dengan pendekatan MASTER CTL diharapkan dapat meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) untuk membandingkan kemandirian peserta didik sebelum dan sesudah penerapan lesson study dengan pendekatan MASTER CTL, (2) untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik terhadap Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), dan (3) untuk membandingkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan lesson study dengan pendekatan MASTER CTL dan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Gabus Tahun Pelajaran 2010/2011. Sedangkan untuk pemilihan sampel dilakukan secara acak/random dengan kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol. Pada penelitian ini, berdasarkan data awal dapat diketahui bahwa kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, homogen, dan memiliki rata-rata yang sama. Setelah kelompok eksperimen diberi perlakuan dan kelompok kontrol tetap menggunakan pembelajaran konvensional, masing-masing kelas eksperimen dan kontrol diberikan tes untuk mengetahui hasil belajar. Dengan menggunakan analisis tes Wilcoxon untuk skor angket, diperoleh harga zhitung -4,70. Berdasarkan kriteria penerimaan H0 yaitu -1,96 < zhitung < 1,96, maka H0 ditolak sehingga kemandirian peserta didik sesudah penerapan lesson study dengan pendekatan MASTER CTL lebih baik daripada sebelumnya. Berdasarkan hasil tes, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 88,79 dan kelas kontrol 61,17. Dengan menggunakan uji kesamaan rata-rata pihak kanan, diperoleh thitung 7,4, dan ttabel 2,0, maka thitung > ttabel sehingga H0 ditolak. Jadi hasil belajar kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol.. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan lesson study dengan pendekatan MASTER CTL memberikan pengaruh yang positif kepada peserta didik. Hal ini dapat dilihat kemandirian peserta didik di kelas eksperimen menjadi lebih baik daripada sebelumnya dan hasil belajar peserta didik di kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Oleh karena itu, dapat dilakukan penelitian-penelitian yang lain menggunakan penerapan lesson study dengan pendekatan MASTER CTL untuk meningkatkan kemandirian dan hasil belajar peserta didik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lesson Study, MASTER CTL, Kemandirian, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 09:58 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 09:58 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14464 |
Actions (login required)
View Item |