Analisis Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Bahan Ajar Menurut Standar Nasional Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII di Kabupaten Tegal


Avan Ari Maafi, 4101407089 (2011) Analisis Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Bahan Ajar Menurut Standar Nasional Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII di Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Bahan Ajar Menurut Standar Nasional Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII di Kabupaten Tegal] Microsoft Word (Analisis Silabus, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, dan Bahan Ajar Menurut Standar Nasional Pendidikan Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VII di Kabupaten Tegal) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Belum semua guru dapat mengembangkan silabus, menyusun RPP dan memilih bahan ajar dengan benar. Perangkat pembelajaran yang digunakan dan bahan ajar yang dipilih belum sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Begitu pula dengan pelaksanaan pembelajaran, sebagian besar pelaksanaan yang berlangsung tidak sesuai dengan yang direncanakan di RPP. Untuk itulah dilaksanakan penelitian ini dengan tujuan untuk mengetahui seberapa jauh kesesuaian silabus, RPP dan bahan ajar dengan Standar Nasional Pendidikan, serta kesesuaian antara pelaksanaan pembelajaran dengan RPP. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Tegal yang memiliki 156 SMP/MTs yang terdiri dari 43 SMP Negeri, 4 MTs Negeri dan 109 SMP/MTs swasta. Secara sampling purpose diambil 4 sekolah, yaitu SMP 2 Slawi, SMP 1 Margasari, SMP Muhammadiyah Slawi dan SMP Muhammadiyah Margasari. Dari tiap sekolah, diambil bahan ajar dan perangkat pembelajaran untuk dianalisis dengan menggunakan Deskripsi Persentase (DP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam menyusun perangkat pembelajaran kelengkapannya mencapai 100 %. Kesesuaian Silabus dan RPP dengan Standar Nasional Pendidikan hanya sebesar 58,63 % dan 59,83 %. Hal ini berarti RPP dan silabus yang disusun, dikembangkan dan digunakan masih kurang sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Selain itu kesesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan RPP sebesar 37,00 %. Kesesuian ini masih tergolong rendah, atau dengan kata lain pelaksanaan pembelajaran kurang sesuai dengan yang direncanakan di RPP. Sedangkan untuk bahan ajar, kesesuaiannya mencapai 85,90 %, berarti bahan ajar yang digunakan sudah sangat sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan ajar, RPP, Silabus, Standar Nasional Pendidikan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 09:55
Last Modified: 27 Aug 2012 09:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14463

Actions (login required)

View Item View Item