Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Alat Peraga dan Kartu Soal pada Sub Materi Pokok Jajargenjang dan Belahketupat terhadap Kemampuan Representasi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi
Isnalia Agusta, 4101407078 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Alat Peraga dan Kartu Soal pada Sub Materi Pokok Jajargenjang dan Belahketupat terhadap Kemampuan Representasi Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dan Tipe Team Assisted Individualization Berbantuan Alat Peraga dan Kartu Soal pada Sub Materi Pokok Jajargenjang dan Belahketupat terhadap Kemampuan Representasi Matematika Peserta Didik ...)
- Published Version
Download (35kB) |
Abstract
Kemampuan representasi merupakan salah satu komponen kemampuan komunikasi. Salah satu alternatif meningkatkan kemampuan representasi yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TAI agar peserta didik berpartisipasi aktif melalui kegiatan diskusi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TAI terhadap kemampuan representasi matematika peserta didik dan untuk mengetahui adakah perbedaan rata-rata tes kemampuan representasi matematika peserta didik. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 6 Purwodadi tahun pelajaran 2010/2011 yang terbagi dalam delapan kelas. Sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling dan terpilih peserta didik kelas VII-G dan peserta didik kelas VII-H sebagai kelas eksperimen serta peserta didik kelas VII-F sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 1 adalah 73,44, kelas eksperimen 2 sebesar 71,28 dan rata-rata hasil belajar kelas kontrol sebesar 66,14. Hasil uji t dan uji proporsi menunjukkan bahwa kedua kelas eksperimen telah mencapai ketuntasan. Hasil uji perbedaan rata-rata dengan ANAVA diperoleh sehingga Ho: ditolak. Dari hasil perhitungan uji lanjut LSD, rata-rata nilai tes kemampuan representasi matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TPS tidak berbeda secara signifikan dengan rata-rata nilai tes kemampuan representasi matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI. Jadi, model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan tipe TAI sama-sama efektif terhadap kemampuan representasi matematika peserta didik pada sub materi jajargenjang dan belahketupat. Berdasarkan penelitian tersebut peneliti memberikan saran agar guru hendaknya lebih memotivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dan guru hendaknya lebih membiasakan peserta didik untuk melakukan diskusi kelompok sehingga peserta didik akan merasa memperoleh kesempatan untuk mengeluarkan argumennya dan menanggapi argumen peserta didik lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran kooperatif tipe TPS, pembelajaran kooperatif tipe TAI, kemampuan representasi matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 09:48 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 09:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14461 |
Actions (login required)
View Item |