Pengaruh Motivasi dan Hubungan Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kudus pada Materi Segiempat dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Puzzle


Wilda Amalia C, 4101407066 (2011) Pengaruh Motivasi dan Hubungan Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kudus pada Materi Segiempat dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Puzzle. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Motivasi dan Hubungan Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kudus pada Materi Segiempat dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Puzzle] Microsoft Word (Pengaruh Motivasi dan Hubungan Sosial terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII MTs Negeri Kudus pada Materi Segiempat dengan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan Puzzle) - Published Version
Download (38kB)

Abstract

Dalam kegiatan pembelajaran, motivasi belajar mempunyai peranan yang sangat penting. Motivasi belajar dengan diimbangi hubungan sosial dengan orang tua, guru, ataupun teman sebaya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Penggunaan model pembelajaran yang kurang tepat juga dapat berdampak pada hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran adalah CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) yaitu model pembelajaran yang dapat membangun kemampuan bekerjasama antarsiswa dalam satu kelompok, dengan terdapat kegiatan membaca, sehingga menumbuhkan motivasi untuk membaca dan dapat mendiskusikan serta menyelesaikan pemecahan masalah dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh motivasi dan hubungan sosial terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Negeri Kudus pada materi segiempat dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbantuan puzzle, persentase pengaruhnya, persentase pengaruh motivasi terhadap hasil belajar jika hubungan sosial tetap, serta persentase pengaruh hubungan sosial terhadap hasil belajar jika motivasi tetap. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri Kudus. Dengan teknik random sampling, diperoleh satu kelompok sampel yang terdiri dari 35 siswa. Variabel penelitiannya adalah motivasi dan hubungan sosial sebagai variabel bebas, hasil belajar sebagai variabel terikat. Metode pengumpulan yang digunakan adalah metode angket dan tes. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh model regresi linear ganda . Setelah diuji keberartiannya dengan uji F model regresi tersebut berarti. Pada penentuan koefisien korelasi ganda diperoleh R = 0,728 dan diuji keberartiannya dengan uji F koefisien korelasi ganda berarti, artinya motivasi dan hubungan sosial secara bersama-sama dalam model pembelajaran CIRC pada materi segiempat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dan persentase pengaruhnya adalah 53 %. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi parsial diperoleh persentase pengaruh motivasi terhadap hasil belajar jika hubungan sosial tetap adalah 13,17 % sedangkan persentase pengaruh hubungan sosial terhadap hasil belajar jika motivasi tetap adalah 10,04 %. Jadi berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi bersama-sama dengan hubungan sosial memiliki pengaruh yang positif terhadap hasil belajar matematika. Jika hubungan sosial tetap, motivasi mempengaruhi hasil belajar tetapi tidak terlalu besar pengaruhnya, begitu sebaliknya jika motivasi tetap, hubungan sosial tidak terlalu besar pengaruhnya terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi, hubungan sosial, hasil belajar, CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 09:35
Last Modified: 27 Aug 2012 09:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14457

Actions (login required)

View Item View Item