Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Blora Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Sub Materi Pokok Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga


Rusmining, 4101407065 (2011) Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Blora Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Sub Materi Pokok Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT)  Berbantuan  CD Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Blora Tahun Pelajaran 2010/2011  pada Sub Materi Pokok Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Heads Together (NHT) Berbantuan CD Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas X SMA N 1 Blora Tahun Pelajaran 2010/2011 pada Sub Materi Pokok Jarak dalam Ruang Dimensi Tiga) - Published Version
Download (43kB)

Abstract

Pembelajaran yang kurang melibatkan peserta didik merupakan salah satu penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Oleh karena itu, diperlukan suatu alternatif model pembelajaran yang diharapkan dapat melibatkan peserta didik aktif. Salah satu diantaranya model pembelajaran kooperatif Numbered Heads Together (NHT). Penggunakan CD pembelajaran sebagai media pembelajaran diharapkan dapat memudahkan peserta didik dalam memahami materi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) berbantuan CD pembelajaran pada sub materi pokok jarak dalam ruang dimensi tiga terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas X SMA N 1 Blora. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMAN 1 Blora tahun pelajaran 2010/2011. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling dan terpilih secara acak kelas X.1 sebagai kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran NHT berbantuan CD pembelajaran, kelas X.8 sebagai kelas kontrol yang diajar dengan pembelajaran ekspositori dan kelas X.3 sebagai kelas uji coba. Data hasil penelitian diperoleh dengan metode tes kemudian dianalisis dengan menggunakan uji proporsi, uji rata-rata, uji kesamaan dua proporsi, dan uji kesamaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) , artinya peserta didik yang tuntas terhadap kemampuan pemahaman konsep pada kelas eksperimen dapat mencapai KKM 75%, (2) artinya rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen dapat mencapai batas nilai KKM 72, (3) , artinya peserta didik yang tuntas terhadap kemampuan pemahaman konsep pada kelas kontrol tidak mencapai KKM 75%, (4) ) artinya rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas kontrol tidak mencapai batas nilai KKM 72, (5) artinya ketuntasan belajar peserta didik pada kelas eksperimen lebih besar dari ketuntasan belajar peserta didik pada kelas kontrol, dan (6) , 2,82 > 2,00 artinya rata-rata kemampuan pemahaman konsep peserta didik pada kelas eksperimen lebih besar dari rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif NHT berbantuan CD pembelajaran efektif terhadap pemahaman konsep peserta didik kelas X SMAN 1 Blora tahun pelajaran 2010/2011 pada sub materi pokok jarak dalam ruang dimensi tiga. Guru SMA N 1 Blora disarankan untuk menerapkan model pembelajaran NHT berbantuan CD pembelajaran pada sub materi pokok jarak dalam ruang dimensi tiga agar hasil belajar matematika peserta didik dapat mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif, NHT, CD pembelajaran, pemahaman konsep, jarak pada dimensi tiga
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 09:32
Last Modified: 27 Aug 2012 09:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14456

Actions (login required)

View Item View Item