Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay-Two Stray Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP pada Materi Segiempat
Miftahul Anwar, 4101407044 (2011) Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay-Two Stray Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP pada Materi Segiempat. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Implementasi Model Pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay-Two Stray Berdasarkan Teori Belajar Van Hiele untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas VII SMP pada Materi Segiempat)
- Published Version
Download (34kB) |
Abstract
Masalah yang diteliti dalam penelitian ini, yaitu (1) apakah ada perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share berdasarkan teori belajar van Hiele dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran Two Stay-Two Stray berdasarkan teori belajar van Hiele, (2) apakah kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share berdasarkan teori belajar van Hiele lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik siswa pada kelas kontrol, dan (3) apakah kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Two Stay-Two Stray berdasarkan teori belajar van Hiele lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik siswa pada kelas kontrol? Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Karangrayung Kabupaten Grobogan tahun pelajaran 2010/2011 yang terbagi dalam 8 kelas. Sampel dipilih secara acak (random) dan terpilih siswa kelas VIIC dan siswa kelas VIID sebagai kelas eksperimen serta siswa kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai kemampuan komunikasi matematik kelas eksperimen 1 adalah 78,97, eksperimen 2 sebesar 78,26, dan kelas kontrol sebesar 65,85. Berdasarkan analisis data dengan uji-t (t-test) hasil penelitian ini menunjukkan tiga hal. Pertama, Kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share berdasarkan teori belajar van Hiele dan siswa yang mendapatkan model pembelajaran pembelajaran Two Stay-Two Stray berdasarkan teori belajar van Hiele tidak berbeda secara signifikan. Kedua, kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Think Pair Share berdasarkan teori belajar van Hiele lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik siswa kelas kontrol. Ketiga, kemampuan komunikasi matematik siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan model pembelajaran Two Stay-Two Stray berdasarkan teori belajar van Hiele lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik siswa kelas kontrol. Berdasarkan penelitian tersebut, maka peneliti memberikan tiga saran. Pertama, model pembelajaran Think Pair Share dan Two Stay-Two Stray dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Kedua, dalam pembelajaran geometri materi yang diberikan guru harus sesuai dengan tingkat pemahaman geometri siswa berdasarkan teori belajar van Hiele. Ketiga, diperlukan ada nya penelitian lebih lanjut untuk menentukan model pembelajaran yang lebih tepat pada pokok bahasan dan pelajaran yang sama.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran Think Pair Share, model pembelajaran Two Stay-Two Stray, teori belajar van Hiele, kemampuan komunikasi matematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 07:40 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 07:40 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14444 |
Actions (login required)
View Item |