Analisis buku “The Essentials of Mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High School” yang Digunakan SMP RSBI di Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011


Melia Juniarti, 4101407021 (2011) Analisis buku “The Essentials of Mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High School” yang Digunakan SMP RSBI di Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Analisis buku “The Essentials of Mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High School” yang Digunakan SMP RSBI di Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Analisis buku “The Essentials of Mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High School” yang Digunakan SMP RSBI di Kabupaten Pemalang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Penggunaan buku ajar bilingual di Indonesia disebabkan karena banyak didirikannya Sekolah Berstandar Internasional (SBI) atau Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI), sebagai akibat dari perkembangan pendidikan di Indonesia. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru, buku ajar bilingual khususnya buku ajar bilingual matematika kelas VII masih memiliki kekurangan baik dari segi materi maupun penyajian. Penggunaan mathematics terms dalam buku juga masih kurang sesuai. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kelayakan materi dan penyajian berdasarkan standar BSNP serta tingkat kesesuaian penggunaan mathematics terms buku ajar bilingual matematika kelas VII. Subjek dalam penelitian ini adalah buku ajar matematika yang digunakan SMP RSBI di Kabupaten Pemalang. Dari empat buku yang digunakan, peneliti memilih buku “The Essentials of Mathematics for Grade VII of Junior High School and Islamic Junior High School” terbitan Tiga Serangkai karena digunakan oleh kedua guru matematika kelas VII dan seluruh peserta didik kelas VII SMP RSBI di Kabupaten Pemalang. Penilaian tahap I komponen kelayakan materi dan penyajian memperoleh respon positif untuk semua butir penilaian dari kedua penilai sehingga dilanjutkan penilaian tahap II. Hasil penilaian tahap II komponen kelayakan materi atau isi dan penyajian, buku memperoleh penilaian akhir sebesar 86,60% oleh peneliti dan 84,74 % oleh guru sehingga dapat disimpulkan bahwa buku memiliki kriteria sangat sesuai dengan standar BSNP. Penelitian tidak mendapatkan penilaian seperti yang diharapkan dikarenakan adanya kesalahan pada subkomponen: (1) kelengkapan materi; (2) akurasi prosedur dan algoritma; (3) akurasi contoh; (4) penerapan; (5) materi pengayaan; (6) observasi, investigasi, eksplorasi dan inkuiri; (6) bagian pendahulu; dan (7) bagian penyudah. Sedangkan penilaian kesesuaian penggunaan mathematics terms dalam buku oleh peneliti memperoleh persentase 85,03% dan termasuk ke dalam kriteria sangat sesuai. Dari hasil penilaian, penggunaan mathematics terms yang tidak sesuai disebabkan karena kesalahan penulisan, arti, dan penggunaannya berdasarkan sumber acuan penilaian. Penilaian kualitas buku memberikan hasil 83,16% dan dikategorikan berkualitas tinggi. Artinya buku tersebut sudah memenuhi kualitas materi dan penyajian dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan uraian tersebut, sebaiknya penulis buku lebih memerhatikan aspek-aspek yang belum sesuai sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas buku pada cetakan berikutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: analisis kelayakan materi dan penyajian, kualitas buku ajar bilingual matematika kelas VII, instrumen BSNP, mathematics terms
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 07:33
Last Modified: 27 Aug 2012 07:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14439

Actions (login required)

View Item View Item