Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Think-Talk-Write Berbantuan CD Interaktif Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII RSBI SMPN 1 Weleri Kendal
Deby Viyana, 4101406046 (2011) Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Think-Talk-Write Berbantuan CD Interaktif Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII RSBI SMPN 1 Weleri Kendal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Strategi Think-Talk-Write Berbantuan CD Interaktif Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII RSBI SMPN 1 Weleri Kendal)
- Published Version
Download (39kB) |
Abstract
Pada penelitian ini diterapkan pembelajaran matematika dengan strategi Think-Talk-Write (TTW) berbantuan CD interaktif pada materi prisma dan limas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) ketuntasan keterampilan komunikasi matematika, keaktifan peserta didik dan prestasi belajar pada pembelajaran tersebut; (2) besar pengaruh keterampilan komunikasi matematika dan keaktifan peserta didik terhadap prestasi belajar; dan (3) sejauh mana prestasi belajar peserta didik dengan pembelajaran strategi Think-Talk-Write (TTW) berbantuan CD interaktif lebih baik dari pada prestasi belajar peserta didik di kelas dengan metode ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 1 Weleri Kendal tahun ajaran 2010/2011 yang terdiri dari tiga kelas VIII RSBI. Dengan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas VIII G sebagai kelas kontrol dan kelas VIII F sebagai kelas eksperimen. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan komunikasi matematika, keaktifan peserta didik, dan prestasi belajar. Data penelitian diperoleh dengan metode observasi dan tes yang kemudian dianalisis dengan uji banding t dan uji pengaruh regresi ganda. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai keterampilan komunikasi matematika 75,15 ; keaktifan peserta didik 75, 85; dan prestasi belajar 75,19. Hal ini menunjukkan bahwa keterampilan komunikasi matematika dan keaktifan peserta didik mencapai batas ketuntasan yaitu 75 dan prestasi belajar melebihi standar ketuntasan yaitu 70. Terdapat pengaruh positif antara keterampilan komunikasi matematika dan keaktifan peserta didik terhadap prestasi belajar dengan persamaan regresi Ŷ = -40,037 + 0,702 + 0,823 sebesar 81,7 %. Rata-rata prestasi belajar kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 75,19 dan rata-rata kelas kontrol sebesar 65. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran efektif tercapai, sehingga peneliti memberikan saran kepada guru untuk menciptakan suasana agar peserta didik belajar aktif dan melakukan interaksi sosial. Salah satu alternatifnya adalah dengan menerapkan strategi Think-Talk-Write (TTW) berbantuan CD interaktif pada pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Think-Talk-Write (TTW), CD interaktif, keterampilan komunikasi matematika, keaktifan peserta didik, prestasi belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 07:24 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 07:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14435 |
Actions (login required)
View Item |