Keefektifan Model Pembelajaran Investigasi Berbantuan Media Compact Disk (CD) Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA 3 Semarang Kelas XI pada Materi Pokok Limit Fungsi


Fitria Setiawati, 4101405055 (2012) Keefektifan Model Pembelajaran Investigasi Berbantuan Media Compact Disk (CD) Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA 3 Semarang Kelas XI pada Materi Pokok Limit Fungsi. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Investigasi Berbantuan Media Compact Disk (CD) Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah  Siswa SMA 3 Semarang Kelas XI pada Materi Pokok Limit Fungsi] Microsoft Word (Keefektifan Model Pembelajaran Investigasi Berbantuan Media Compact Disk (CD) Interaktif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA 3 Semarang Kelas XI pada Materi Pokok Limit Fungsi) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pemahaman konsep-konsep pada materi pelajaran yang bersifat abstrak, siswa masih merasa kesulitan. Pembelajaran investigasi dapat mendorong siswa bekerjasama sehingga lebih aktif dan kreatif dalam mengembangkan ide yang dimiliki. CD interaktif juga dapat menjelaskan konsep yang abstrak menjadi lebih konkret. Limit fungsi merupakan salah satu materi yang bersifat abstrak. Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran investigasi berbantuan media CD interaktif merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah siswa untuk memahami materi pokok limit fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah siswa dalam model pembelajaran investigasi berbantuan media CD interaktif dapat mencapai ketuntasan belajar, serta apakah kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas siswa dalam model pembelajaran investigasi berbantuan media CD interaktif pada materi pokok limit fungsi lebih baik daripada pembelajaran ekspositori. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA 3 Semarang tahun pelajaran 2011/2012. Sampel diambil dengan teknik Simple Random Sampling dan terpilih kelas eksperimen yang dikenai Model Pembelajaran Investigasi berbantuan media CD interaktif dan kelas kontrol yang dikenai pembelajaran ekspositori. Hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa dalam model pembelajaran investigasi berbantuan CD interaktif mencapai ketuntasan belajar, kemampuan pemecahan masalah siswa dalam model pembelajaran Investigasi berbantuan CD interaktif pada materi limit fungsi lebih baik daripada pembelajaran dengan metode ekspositori, dan aktivitas siswa dalam model pembelajaran investigasi berbantuan CD interaktif pada materi pokok limit fungsi lebih baik daripada pembelajaran ekspositori Berdasarkan penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Investigasi berbantuan media CD interaktif dapat membantu siswa mencapai ketuntasan belajar, dan kemampuan pemecahan masalah serta aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Saran yang diajukan yaitu guru dapat menerapkan model pembelajaran investigasi berbantuan CD interaktif pada materi pokok limit fungsi dan materi pokok yang sesuai agar kemampuan pemecahan masalah siswa dapat terasah dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Investigasi, Compact Disk (CD) Interaktif, Limit Fungsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 07:20
Last Modified: 27 Aug 2012 07:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14430

Actions (login required)

View Item View Item