Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Instruction (PBI) Berbantuan Funny Worksheet terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas XI-IPA SMAN 4 Pekalongan


Ria Yanna Kharista, 4301408075 (2012) Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Instruction (PBI) Berbantuan Funny Worksheet terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas XI-IPA SMAN 4 Pekalongan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Instruction (PBI) Berbantuan Funny Worksheet terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas XI-IPA SMAN 4 Pekalongan] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Instruction (PBI) Berbantuan Funny Worksheet terhadap Hasil Belajar dan Kreativitas Siswa Kelas XI-IPA SMAN 4 Pekalongan) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan diperoleh data bahwa ketuntasan klasikal siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis garam pada tahun ajaran 2010/2011 kurang dari 85% dan aktivitas belajar siswa, hasil belajar serta kretivitas siswa yang kurang optimal, sehingga diperlukan model pembelajaran yang mampu mengoptimalkan kegiatan pembelajaran serta sebuah media yang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, peneliti menerapkan model PBI berbantuan Funny Worksheet agar siswa lebih mudah melakukan penyelidikan dan inquiri, sehingga siswa akan lebih mantap dalam penguasaan konsep dan dapat mengembangkan kreativitas yang dimiliki siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem-Based Instruction (PBI) berbantuan Funny Worksheet terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPA SMAN 4 Pekalongan. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik cluster random sampling terpilih kelas XI-IPA1 sebagai kelas eksperimen yang mendapat perlakuan dengan menggunakan model PBI berbantuan Funny Worksheet dan kelas XI-IPA2 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran kovensional setelah dilakukan uji homogenitas. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji anava, sedangkan analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji kesamaan dua rata-rata, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, uji ketuntasan belajar, dan analisis hasil angket. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi menunjukkan bahwa penggunaan model PBI berbantuan Funny Worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar dengan harga rb sebesar 0,55 dengan besarnya kontribusi 30,25% dan kreativitas siswa dengan harga rb sebesar 0,42 dengan besarnya kontribusi 17,64%. Dengan demikian, model PBI berbantuan Funny Worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar dan kreativitas siswa kelas XI-IPA SMAN 4 Pekalongan dengan kontribusi pengaruh terhadap hasil belajar 30,25% dan kontribusi pengaruh terhadap kreativitas 17,64%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBI, Funny Worksheet, Hasil Belajar, Kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:52
Last Modified: 27 Aug 2012 05:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14425

Actions (login required)

View Item View Item