Penerapan Model Pembelajaran BOICOTS Berbantuan Media CIA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia


Astri Dewi, 4301408074 (2012) Penerapan Model Pembelajaran BOICOTS Berbantuan Media CIA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran BOICOTS Berbantuan Media CIA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran BOICOTS Berbantuan Media CIA untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kimia) - Published Version
Download (31kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas XI IA-6 SMAN 1 Bae Kudus melalui penerapan model pembelajaran BOICOTS berbantuan media CIA. Peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kimia dianalisis melalui beberapa tahapan dalam siklus-siklus tindakan. Subjek dan setting penelitian ini yaitu siswa kelas XI IA-6 semester 2 tahun pelajaran 2011/2012 yang dilaksanakan sejak Februari sampai dengan April 2012. Penelitian ini difokuskan pada peningkatan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, dokumentasi, angket dan observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran kimia dengan penerapan model pembelajaran BOICOTS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis sehingga dapat membangkitkan semangat belajar lebih dalam tentang suatu materi. Materi pelajaran senantiasa dikaitkan dengan fenomena-fenomena yang dapat ditemui di sekitar siswa sehingga siswa dapat menghubungkan antara pengetahuan yang diperoleh dengan penerapannya dalan kehidupan sehari-hari. Hal ini berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa. Pada siklus I diperoleh hasil: (a) nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis sebesar 70,1 dengan ketuntasan klasikal 56,7%; (b) nilai kognitif sebesar 76,1 dengan ketuntasan 70%; (c) nilai afektif sebesar 79,4 dengan ketuntasan 93,3%; (d) nilai psikomotor sebesar 80,1 dengan ketuntasan 73,3%. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu: (a) nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis sebesar 73,1 dengan ketuntasan klasikal 80%; (b) nilai kognitif sebesar 82,9 dengan ketuntasan 83,3%; (c) nilai afektif sebesar 84,7 dengan ketuntasan 93,3%; (d) nilai psikomotor sebesar 88 dengan ketuntasan 100%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BOICOTS; Berpikir Kritis; Hasil Belajar; Media CIA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:50
Last Modified: 27 Aug 2012 05:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14424

Actions (login required)

View Item View Item