Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa SMAN 3 Demak
Risa Arifiani, 4301408061 (2012) Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa SMAN 3 Demak. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Microsoft Word (Pengaruh Pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning Berbantuan LKS Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Larutan Penyangga dan Hidrolisis Siswa SMAN 3 Demak)
- Published Version
Download (32kB) |
Abstract
Banyak siswa yang menganggap belajar merupakan aktivitas yang tidak menyenangkan dan membosankan, baik yang sedang disampaikan guru maupun yang sedang dihadapi di meja belajar. Bertolak dari permasalahan tersebut, guru perlu memperhatikan respon positif secara konkret dan objektif untuk membangkitkan partisipasi siswa, baik dalam bentuk kontributif maupun inisiatif.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning berbantuan LKS terhadap hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 3 Demak tahun ajaran 2011/2012. Analisis tahap awal menunjukkan data populasi berdistribusi normal dan homogen, sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Dari hasil pengundian, diperoleh XI IPA 3 sebagai kelas kontrol (pembelajaran konvensional berbantuan LKS) dan XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen (pembelajaran Kolaborasi Guided Discovery-Experiential Learning berbantuan LKS). Analisis tahap akhir menunjukkan data hasil belajar kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki varians yang sama. Pada uji korelasi diperoleh harga rb sebesar 0,492 yang menunjukkan korelasi yang sedang, artinya pembelajaran KolaborasiGuided Discovery-Experiential Learningberbantuan LKSberpengaruh sedang terhadap hasil belajar siswa materi larutan penyangga dan hidrolisis.Besarnya kontribusi pembelajaran ini terhadap hasil belajar siswa sebesar 24%.Hasil belajar kelas eksperimen maupun kelas kontrol telah mencapai ketuntasan. Ketuntasan belajar klasikal yang dicapai kelas kontrol maupun kelas eksperimen masing-masing 92,31% dan 100%. Rata-rata nilai afektif dan psikomotorik siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran KolaborasiGuided Discovery-Experiential Learningberbantuan LKS berpengaruh positif terhadap hasil belajar kimia SMA Negeri 3 Demak. Saran yang diberikan adalah KolaborasiGuided Discovery-Experiential Learningberbantuan LKS perlu dicoba sebagai alternatif pembelajaran; guru perlu kreatif dan inovatif dalam merencanakan pembelajaran, serta aktif dan energik dalam membimbing saat proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kolaborasi, Guided Discovery Learning, Experiential Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 27 Aug 2012 05:47 |
Last Modified: | 27 Aug 2012 05:47 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14423 |
Actions (login required)
View Item |