Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 di SMA Negeri 1 Bumiayu


Teti Rizqi Novia, 4301408038 (2012) Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 di SMA Negeri 1 Bumiayu. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 di SMA Negeri 1 Bumiayu] Microsoft Word (Penerapan Model Pembelajaran Konstruktivisme Berbantuan Concept Map untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X-3 di SMA Negeri 1 Bumiayu) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Hasil belajar kimia siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Bumiayu belum mencapai KKM dan siswa pasif dalam proses pembelajaran. Untuk itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang menekankan siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran. Dengan penerapan model pembelajaran konstruktivisme, siswa menjadi aktif berusaha membentuk arti atau konsep dari pengetahuan dan menghubungkan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya dengan pengetahuan baru. Tujuan penelitian tindakan kelas ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X-3. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-3 SMA Negeri 1 Bumiayu tahun ajaran 20011/2012 pada materi stoikiometri. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari tiga siklus, yang setiap siklusnya terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data penelitian diperoleh dengan metode tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kognitif siswa pada siklus I adalah 78,53 dengan ketuntasan klasikal 76,47%, siklus II sebesar 80,88 dengan ketuntasan klasikal 82,35%, dan siklus III sebesar 87,06 dengan ketuntasan klasikal 88,24%. Nilai rata-rata afektif siswa siklus I, II, dan III yaitu 74,36, 78,77, dan 86,22. Sedangkan nilai rata-rata psikomotorik pada siklus I 70,59, siklus II 76,66 dan siklus III 86,86. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran konstruktivisme berbantuan concept map mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Concept Map, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Konstruktivisme
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 05:45
Last Modified: 27 Aug 2012 05:45
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14422

Actions (login required)

View Item View Item