Peningkatan Keterampilan Bermain Peran Melalui Teknik Rotating Roles dengan Media Video Bermain Peran Pada Siswa Kelas XI IPS-I SMA Negeri I Weleri


Arum Mutiara Sari, , 2101408054 (2012) Peningkatan Keterampilan Bermain Peran Melalui Teknik Rotating Roles dengan Media Video Bermain Peran Pada Siswa Kelas XI IPS-I SMA Negeri I Weleri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Bermain Peran Melalui Teknik Rotating Roles dengan Media Video Bermain Peran Pada Siswa Kelas XI IPS-I SMA Negeri I Weleri] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Bermain Peran Melalui Teknik Rotating Roles dengan Media Video Bermain Peran Pada Siswa Kelas XI IPS-I SMA Negeri I Weleri) - Published Version
Download (12kB)

Abstract

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kompetensi Dasar mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia aspek bersastra SMA kelas XI subaspek berbicara, menyebutkan bahwa siswa harus dapat menyampaikan dialog disertai gerak-gerik dan mimik, sesuai dengan watak tokoh. Berdasarkan pada pengamatan dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia kemampuan siswa kelas XI IPS-I SMA Negeri I Weleri dalam bermain peran masih rendah. Rendahnya keterampilan siswa dalam bermain peran tak terlepas dari faktor siswa itu sendiri. Faktor yang mempengaruhi rendahnya keterampilan siswa dalam bermain peran antara lain: (1) pengucapan lafal yang masih lemah, (2) penggunaan ekspresi dan penjiwaan yang kurang tepat, (3) kebingungan dalam melakukan improvisasi. Kebanyakan siswa mengeluhkan bahwa ketika bermain peran sering mengalami ketidak fokusan dalam memainkan sebuah peran dikarenakan teman sekelas menertawakan ketika teman lain sedang bermain peran di depan kelas. Pembelajaran bermain peran menggunakan teknik Rotating Roles dengan media video bermain peran merupakan upaya meningkatkan kemampuan siswa kelas XI IPS-I SMA Negeri 1 Weleri dalam bermain peran. Adapun rumusan masalah yang akan diteliti dalam penelitian ini, yaitu (1) bagaimana peningkatan keterampilan bermain peran menggunakan teknik Rotating Roles dengan media video bermain peran pada siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Weleri? (2) bagaimana perubahan perilaku siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Weleri setelah mengikuti pembelajaran bermain peran menggunakan teknik Rotating Roles dan media video bermain? Tujuan penelitian adalah (1)Mendeskripsikan peningkatan keterampilan bermain peran menggunakan teknik rotating roles dengan media video bermain pada siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Weleri. (2) Mendeskripsikan perubahan perilaku pada siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Weleri setelah mengikuti pembelajaran bermain peran menggunakan teknik Rotating Roles dengan media video bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan dua siklus yang dilaksanakan pada siswa kelas XI IPS-I SMA Negeri 1 Weleri. Sklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah kemampuan bermain peran pada siswa kelas XI IPS-I SMA Negeri 1 Weleri. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel peningkatan keterampilan bermain peran dan variabel penggunaan teknik Rotating Roles dan media video bermain peran. Hasil tes bermain peran siklus I menunjukkan nilai rata-rata 64 atau berkategori cukup, sedangkan nilai rata-rata pada siklus II mencapai 77 atau berkategori baik. Peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 20,31%. Peningkatan keterampilan siswa dalam bermain peran siklus I dan siklus II diikuti oleh adanya perubahan tingkah laku ke arah yang lebih baik. Perbaikan yang dilakukan pada siklus II dapat membuat pembelajaran bermain peran menjadi lebih baik daripada pembelajaran bermain peran siklus I. Perubahan perilaku siswa ke arah yang lebih baik terjadi pada saat pembelajaran bermain peran siklus II. Siswa menjadi lebih siap, bersemangat, senang, dan mengerjakan tugas bermain peran dengan tertib dan antusias. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan siswa kelas XI IPS-1 SMA Negeri 1 Weleri dalam bermain peran meningkat dan terdapat perubahan perilaku ke arah lebih baik setelah dilakukan pembelajaran bermain peran menggunakan teknik Rotating Roles dengan media video bermain peran. Saran yang diberikan peneliti, yaitu guru mata pelajaran bahasa Indonesia kiranya dapat memanfaatkan teknik rotating roles dengan media video bermain peran untuk pembelajaran seni peran, mengingat seni peran dapat dijadikan bekal hidup untuk siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan bermain peran, teknik Rotating Roles, video bermain peran
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 04:12
Last Modified: 27 Aug 2012 04:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14388

Actions (login required)

View Item View Item