Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Permainan ”Mencari Harta Karun” terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis dan Larutan Penyangga Siswa Kelas XI SMA 2 Kudus


Dwi Septiana Sari, 4301407058 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Permainan ”Mencari Harta Karun” terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis dan Larutan Penyangga Siswa Kelas XI SMA 2 Kudus. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Permainan ”Mencari Harta Karun” terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis dan Larutan Penyangga Siswa Kelas XI SMA 2 Kudus] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Berorientasi Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Permainan ”Mencari Harta Karun” terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Hidrolisis dan Larutan Penyangga Siswa Kelas XI SMA 2 Kudus) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran ada dua unsur penting yaitu model dan media pembelajaran. Penggunaan model pembelajaran yang kurang bervariasi dapat mempengaruhi hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil observasi awal diperoleh data bahwa nilai rata-rata ulangan harian siswa kelas XI SMA 2 Kudus untuk materi larutan penyangga dan hidrolisis dari tahun ajaran 2008/2009 s/d 2009/2010 belum mencapai KKM, sehingga diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan, minat dan partisipasi aktif siswa dalam menerima suatu materi pelajaran. Model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah Course Review Horay yang berorientasi pada Problem Based Learning dan berbantuan media permainan “Mencari Harta Karun”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Course Review Horay (CRH) berorientasi Problem Based Learning (PBL) berbantuan media permainan “Mencari Harta Karun” terhadap hasil belajar kimia. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas XI IPA SMA 2 Kudus. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model CRH berorientasi PBL berbantuan media permainan “ Mencari Harta Karun” dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran bermodel PBL. Metode pengumpulan data yang digunakan dokumentasi, tes, observasi dan angket. Analisis tahap awal meliputi uji normalitas, uji homogenitas dan uji Anava. Analisis tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, dan analisis hasil angket dan observasi. Diperoleh kesimpulan hipotesis menggunakan uji perbedaan dua rata-rata penggunaan model pembelajaran CRH berorientasi PBL berbantuan media permainan “Mencari Harta Karun” berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh rb 0,616 dengan besarnya kontribusi 37,99%. Simpulan pada penelitian ini penggunaan model pembelajaran CRH berorientasi PBL berbantuan media permainan “ Mencari Harta Karun” berpengaruh terhadap hasil belajar kimia siswa kelas XI SMA 2 Kudus pada materi pokok larutan penyangga dan hidrolisis dengan kontribusi 37,99%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CRH, PBL, media permainan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:54
Last Modified: 27 Aug 2012 03:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14386

Actions (login required)

View Item View Item