Pengaruh Pendekatan Drill dengan Match Card Sebagai Media Chemo-Edutainment (CET) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011


Hidayah, 4301407057 (2011) Pengaruh Pendekatan Drill dengan Match Card Sebagai Media Chemo-Edutainment (CET) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pendekatan Drill dengan Match Card Sebagai Media Chemo-Edutainment (CET) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X  SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011] Microsoft Word (Pengaruh Pendekatan Drill dengan Match Card Sebagai Media Chemo-Edutainment (CET) Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 12 Semarang Tahun Ajaran 2010/2011) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Pembelajaran yang menyenangkan bisa meningkatkan motivasi dan ketertarikan siswa. Salah satu cara yang bisa dilakukan guru yaitu dengan menerapkan model pembelajaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan drill dengan match card sebagai media Chemo-Edutainment (CET) terhadap hasil belajar. Manfaat yang diharapkan yaitu perbaikan kondisi pembelajaran kimia kelas X. Populasi dalam penelitian ini, siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang tahun ajaran 2010/2011. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu dua kelas diambil secara acak sebagai kelompok eksperimen dan kontrol. Variabel bebas yaitu pendekatan drill dengan match card sebagai media Chemo-Edutainment (CET) sedangkan variabel terikatnya, hasil belajar pada materi pokok redoks. Analisis tahap awal menunjukkan populasi memiliki tingkat homogenitas sama dan data terdistribusi normal. Setelah diberi perlakuan kemudian dilakukan postes, diketahui bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen lebih baik dibandingkan kelompok kontrol yaitu masing-masing sebesar 76,00 dan 70,29. Uji perbedaan dua rata-rata hasil belajar diperoleh thitung (4,04) > ttabel (2,00), sehingga disimpulkan terdapat perbedaan hasil belajar antar kelompok. Uji korelasi diperoleh harga koefisien korelasi biserial (rb) sebesar 0,55; sehingga pengaruh yang ditimbulkan signifikan dengan harga koefisien determinasi sebesar 30,09%. Kelompok eksperimen mencapai nilai lebih baik daripada kontrol pada rata-rata skor total afektif dan psikomotorik. Berdasarkan angket respon siswa diperoleh rata-rata siswa setuju dengan penerapan pendekatan drill dengan match card sebagai Media Chemo-Edutainment (CET). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pendekatan drill dengan match card sebagai media Chemo-Edutainment (CET) berpengaruh terhadap hasil belajar pada materi pokok redoks dengan kontribusi sebesar 30,09%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pendekatan drill; media match card; media Chemo-Edutainment (CET); hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:52
Last Modified: 27 Aug 2012 03:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14385

Actions (login required)

View Item View Item