Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Mind mapping Materi Hidrokarbon pada Kreativitas dan Hasil Belajar


Nafis Herowati, 4301407049 (2011) Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Mind mapping Materi Hidrokarbon pada Kreativitas dan Hasil Belajar. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Mind mapping Materi Hidrokarbon pada Kreativitas dan Hasil Belajar] Microsoft Word (Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum dengan Teknik Mind mapping Materi Hidrokarbon pada Kreativitas dan Hasil Belajar) - Published Version
Download (32kB)

Abstract

Penerapan model pembelajaran yang kurang tepat akan menyebabkan siswa kurang tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Aktivitas mencatat tradisional yang penuh dengan kalimat panjang dan berbentuk linear, akan mematikan kreativitas siswa. Quantum learning ialah kiat, petunjuk, strategi, dan seluruh proses belajar yang dapat mempertajam pemahaman dan daya ingat, serta membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Melalui teknik mind mapping materi pelajaran akan terpola secara visual dan grafis yang akhirnya dapat membantu merekam, memperkuat, dan mengingat kembali informasi yang telah dipelajari, sehingga secara langsung dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa. Permasalahan penelitian ini adalah apakah model pembelajaran kuantum dengan teknik mind mapping berpengaruh pada kreativitas dan hasil belajar siswa, jika berpengaruh, seberapa besar pengaruhnya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kuantum dengan teknik mind mapping materi hidrokarbon pada kreativitas dan hasil belajar siswa, serta seberapa besar pengaruhnya. Adapun manfaat dari penelitian ini adalah memberikan informasi mengenai besarnya pengaruh model pembelajaran kuantum dengan teknik mind mapping pada kreativitas dan hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X. Pengambilan sampel dilakukan secara acak menggunakan teknik cluster random sampling yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran kuantum dengan teknik mind mapping dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol yang hanya mendapatkan model pembelajaran kuantum dengan teknik meringkas biasa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, tes, observasi dan angket. Uji hipotesis menggunakan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar kognitif kelas eksperimen sebesar 80,86 sedangkan kelas kontrol sebesar 74,70. Besarnya pengaruh terhadap hasil belajar kognitif sesuai dengan koefisien korelasi biserial sebesar 0,51 dan koefisien determinasi 26,02% dengan kriteria pengaruh adalah sedang. Melalui Uji Mann-Whitney U Test diperoleh nilai rata-rata kreativitas siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing sebesar 73,24 dan 67,57 dengan rb 0,47 dan kontribusi sebesar 22,07%. Pengaruh terhadap aspek afektif dan psikomotorik ditunjukkan secara deskriptif melalui rata-rata nilai kelas eksperimen yang lebih baik dari pada kelas kontrol, sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kuantum dengan teknik mind mapping materi hidrokarbon berpengaruh pada kreativitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kuantum, mind mapping, kreativitas, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:47
Last Modified: 27 Aug 2012 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14383

Actions (login required)

View Item View Item