Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Experiential Learning Melalui Teknik Pengamatan Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri Suwaduk 02 Pati


Roro Ndaru Widyaningtyas,, 2101408037 (2012) Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Experiential Learning Melalui Teknik Pengamatan Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri Suwaduk 02 Pati. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Experiential Learning Melalui Teknik Pengamatan Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri Suwaduk 02 Pati] Microsoft Word (Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi dengan Metode Experiential Learning Melalui Teknik Pengamatan Objek Langsung pada Siswa Kelas V SD Negeri Suwaduk 02 Pati) - Published Version
Download (17kB)

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, minat keterampilan menulis puisi siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati sangat rendah. Terdapat faktor penyebab rendahnya keterampilan menulis puisi siswa yakni, pemebelajaran menulis puisi dari guru kurang kreatif dalam memilih metode atau teknik untuk pengajaran sehingga siswa merasa bosan dan jenuh pada akhirnya kurang semangat dan kurang berminat dalam menulis puisi. Keadaan yang demikian membuat peneliti tertarik mendapatkan jalan keluar dari permasalahan tersebut. Upaya yang dilakukan peneliti yaitu untuk meningkatkan keterampilan menulis pusi siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati dengan menggunakan metode experiential learning dan teknik objek langsung. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses kegiatan menulis puisi siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati dengan metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung pada siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati, (2) Bagaimanakah peningkatan keterampilan menulis puisi yang diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis puisi dengan metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung pada siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati, (3) Bagaimanakah perubahan sikap siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati terhadap pembelajaran menulis puisi setelah mengikuti pembelajaran melalui metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsi kegiatan menulis puisi pada siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati saat dilakukan pembelajaran menulis puisi melalui metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung, (2) mendeskripsi tingkat kemampuan siswa menulis puisi pada siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati setelah dilakukan pembelajaran menulis puisi melalui metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung, (3) mendeskripsi perubahan perilaku dalam pembelajaran menulis puisi melalui metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung. Penelitian yang dilaksanakan merupakan penelitian tindakan kelas yang menggunakan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Suwaduk 02 Pati yang berjumlah 30 siswa. Variabel yang diungkap dalam penelitian adalah keterampilan menulis puisi dengan mengunakan metode experiential learning dan teknik objek langsung. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan instrumen nontes dalam bentuk observasi, wawancara, jurnal, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menulis puisi dan mencapai target nilai rata-rata minimal yang ditentukan, yaitu 70. Berdasarkan hasil tes siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 62 termasuk dalam kategori cukup. Pada siklus II nilai rata-rat siswa mencapai 81,5 termasuk dalam kategori sangat baik. Terjadi peningkatan nilai rata-rata siswa sebesar 19,5 atau sebesar 31,45% dari siklus I ke siklus II. Selain itu, berdasarkan hasil tanggapan dan perubahan perilaku siswa menunjukkan adanya tanggapan yang baik terhadap pembelajaran. Siswa merasa tidak kesulitan dan termotivasi dalam beajar menulis puisi, menjadi lebih bersemangat, antusias, senang dalam pembelajaran menulis puisi. Menunjukkan perubahan perilaku siswa ke arah lebih baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penulis menyarankan guru bahasa dan sastra Indonesia sebaiknya memberikan variasi-variasi dalam pembelajaran, yaitu dengan penerapan metode dan teknik pembelajaran, seperti metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung dalam pembelajaran menulis puisi untuk menumbuhkan minat dan ketertarikan siswa dalam pembelajaran. Bagi guru dan mahasiswa bidang lain, pembelajaran menggunakan metode Eksperiential Learning dan teknik pengamatan objek langsung dapat dijadikan alternatif dalam mengajarkan bidang garapannya. Bagi peneliti di bidang pendidikan dan bahasa dapat menggunakanpenelitian ini sebagai bahan rujukan untuk melakukan penelitian yang lain dengan metode dan teknik pembelajaran yang berbeda sehingga didapatkan berbagai alternatif metode dan teknik pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menulis puisi, metode experiential learning, teknik pengamatan objek langsung.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:35
Last Modified: 27 Aug 2012 03:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item