Pengaruh Metode Resitasi Dengan Pendekatan PAKEM Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangsri


Nur Kasih Fatmawati, 4301407040 (2011) Pengaruh Metode Resitasi Dengan Pendekatan PAKEM Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangsri. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Metode Resitasi Dengan Pendekatan PAKEM Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangsri] Microsoft Word (Pengaruh Metode Resitasi Dengan Pendekatan PAKEM Terhadap Hasil Belajar Materi Pokok Redoks Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Bangsri) - Published Version
Download (33kB)

Abstract

Hasil belajar kimia siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsri masih relatif rendah. Pembelajaran didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru. Dalam proses pembelajaran, siswa kurang aktif, enggan dan takut bertanya kepada guru meskipun belum memahami materi yang diajarkan sehingga materi pelajaran tidak dapat dikuasai sepenuhnya oleh siswa. Siswa masih minder atau pasif, belum mampu berpikir kritis dan berani mengungkapkan pendapat. Penggunaan metode ceramah menyebabkan siswa merasa bosan selama kegiatan belajar mengajar karena siswa hanya pasif sebagai pendengar saja dan tidak dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran, yang pada akhirnya mempengaruhi hasil belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu penerapan metode resitasi dengan pendekatan PAKEM. Dari hal tersebut muncul permasalahan: (1) apakah metode resitasi dengan pendekatan PAKEM berpengaruh terhadap hasil belajar materi pokok redoks, dan (2) berapa besar kontribusi pengaruhnya. Penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) adanya pengaruh metode resitasi dengan pendekatan PAKEM terhadap hasil belajar materi pokok redoks siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsri, dan (2) untuk mengetahui kontribusi pengaruhnya. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsri tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan sampel dengan teknik cluster random sampling, diperoleh kelas X-4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode dokumentasi, tes, observasi, dan angket. Analisis data tahap awal meliputi uji normalitas, homogenitas, dan uji anava untuk mengetahui keadaan awal populasi. Analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, uji kesamaan dua varians, uji perbedaan dua rata-rata, uji ketuntasan hasil belajar, analisis pengaruh antar variabel, penentuan koefisien determinasi, analisis aspek aktivitas dan kreativitas, serta analisis tanggapan siswa. Dari analisis data akhir (post test) diperoleh thitung sebesar 5,048 dan ttabel sebesar 1,99, karena thitung>ttabel, maka hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Hasil analisis pengaruh diperoleh rb 0,62 dengan besarnya kontribusi 38,22%. Simpulan penelitian ini yaitu penerapan metode resitasi dengan pendekatan PAKEM berpengaruh terhadap hasil belajar materi pokok redoks siswa kelas X SMA Negeri 1 Bangsri dengan besar kontribusi 38,22%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Pendekatan PAKEM, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:37
Last Modified: 27 Aug 2012 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14378

Actions (login required)

View Item View Item