Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Berpendekatan SETS Melalui Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Elektrolit dan Konsep Redoks


Nindya Yunita Swastana Insani, 4301407036 (2011) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Berpendekatan SETS Melalui Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Elektrolit dan Konsep Redoks. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Berpendekatan SETS Melalui Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Elektrolit dan Konsep Redoks] Microsoft Word (Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Co-op Co-op Berpendekatan SETS Melalui Media CD Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Elektrolit dan Konsep Redoks) - Published Version
Download (30kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang pembelajaran kooperatif tipe Co-op Co-op berpendekatan SETS melalui media CD pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui besarnya hasil pembelajaran dengan menggunakan metode kooperatif tipe Co-op Co-op berpendekatan SETS melalui media CD pembelajaran terhadap hasil belajar elektrolit dan konsep redoks. Permasalahan yang di kaji dalam penelitian ini adalah adakah dan berapa besar pengaruh model kooperatif tipe Co-op Co-op berpendekatan SETS melalui media CD pembelajaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Purwodadi tahun ajaran 2010/2011, yang terdiri atas 9 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, diperoleh kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan kelas X-A sebagai kelas kontrol. Pengambilan data dilakukan dengan metode tes, observasi, dan angket. Penelitian dilakukan dengan memberikan pre test sebelum mendapatkan perlakuan, dilanjutkan dengan pembelajaran, dan diakhiri dengan post test. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata nilai pre test pada kelas eksperimen adalah 37 sedangkan pada kelas kontrol adalah 38. Setelah pembelajaran, rata-rata hasil post test pada kelas eksperimen sebesar 83 dan kelas kontrol sebesar 77. Kedua kelas berdistribusi normal dan mempunyai varians yang sama, sedangkan pada uji t dua pihak dihasilkan thitung (3,34) > ttabel (1,99) yang berarti ada perbedaan yang signifikan dengan α = 5%. Pembelajaran dengan model kooperatif tipe co-op co-op berpendekatan SETS melalui media CD pembelajaran memberikan hasil yang lebih optimal daripada pembelajaran dengan konvensional. Besarnya pengaruh pembelajaran model kooperatif tipe co-op co-op berpendekatan SETS melalui media CD pembelajaran terhadap hasil belajar terhadap hasil belajar kognitif siswa sesuai dengan koefisien korelasi sebesar 0,5 dan koefisien determinasi 25% dengan sisa 75% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh positif dari penggunakan model kooperatif tipe co-op co-op berpendekatan SETS melalui media CD pembelajaran dan memenuhi ketuntasan belajar serta hasilnya lebih baik dibandingkan dengan pembelajarannya menggunakan metode pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model kooperatif Tipe Co-op Co-op, berpendekatan SETS, Media CD Pembelajaran, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia, S1
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 27 Aug 2012 03:28
Last Modified: 27 Aug 2012 03:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/14377

Actions (login required)

View Item View Item